Arsip : June 2009


30/06/2009

Neolib dan Privatisasi BUMN

konsep neolib terus menjadi komoditas politik menjelang pemilihan presiden 8 Juli mendatang. Selengkapnya »
30/06/2009

PT Jamsostek Kebayoran Baru Sosialisasikan Program Jamsostek Kepada TK-LHK

Dalam rangka memberikan Perlindungan terhadap tenaga kerja informal atau biasa disebut tenaga kerja di luar hubungan kerja (TK-LHK-TK Mandiri), PT Jamsostek (Persero) kantor cabang Kebayoran Baru mengadakan sosialisasi program Jamsostek kepada anggota koperasi usaha informal nusantara (KUIN) pada tanggal 5 Mei. Selengkapnya »
30/06/2009

Menteri BUMN : 4 BUMN Sudah Siap Menjadi Pelaksana BPJS

JAKARTA, Menteri negara BUMN Sofyan Djalil meminta pembentukan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) tidak menjadi polemik. Selengkapnya »
29/06/2009

Iuran Jamsostek Indonesia Termurah di Dunia

IURAN untuk perlindungan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) yang dipungut PT Jamsostek (Persero), sebenarnya termurah se-dunia. iuran Jamsostek yang di pungut di Korea Selatan, misalnya, nilainya mencapai sekitar 80% dari upah minimum regional (UMR) dan Singapura 40%. Selengkapnya »
29/06/2009

Iuran jamsostek paling murah di Dunia

Iuran perlindungan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) yang dipungut PT. Jamsostek (Persero), dinilai termurah sedunia. Selengkapnya »
29/06/2009

Kejati Sumbar-Jamsostek Tandatangani Kesepakatan

PT. Jamsostek (Persero) Wilayah I Khususnya di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menjalin kerjasama dengan kejaksaan tinggi (Kejati) Sumbar untuk menangani masalah perdata dan tata usaha negara di lingkungan BUMN itu. Selengkapnya »
29/06/2009

Iuran dan Jumlah Kepesertaan Terendah di Dunia

JAKARTA (suara Karya) : Jumlah kepesertaan pekerja dalam program jaminan sosial di Indonesia termasuk paling rendah di Dunia Selengkapnya »
29/06/2009

769 Usaha tak ikut jamsostek

MANADO : Sebanyak 769 perusahaan di Manado, Sulawesi utara, belum ikut program jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek). Selengkapnya »
26/06/2009

Jamsostek Bidik Pedagang & Nelayan

MAKASAR (Pos Kota) – Manajemen PT Jamsostek bidik kepesertaan perorangan di Makasar, Sulawesi Selatan, mengingat potensinya mencapai puluhan ribu orang. Sasarannya adalah pekerja di luar hubungan kerja (LHK) yang tidak tergabung dalam organisasi atau paguyuban. Selengkapnya »
26/06/2009

Pentingnya Perlindungan Jamsostek

MEDAN - Peristiwa terjadinya ledakan tambang batubara di kawasan Ngalau Cigak, Talawi,  Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) beberapa hari lalu yang mengakibatkan sejumlah pekerja tewas akan mengingatkan masyarakat, terutama kalangan perusahaan atau pengusaha yang bergerak di berbagai bidang  akan pentingnya melindungi karyawan atau pekerjanya dengan asuransi Jamsostek. Selengkapnya »
26/06/2009

Jamsostek Bidik Peserta Perseorangan di Makasar

PT Jamsostek bidik kepesertaan perorangan di Makasar, Sulawesi Selatan, mengingat potensinya mencapai puluhan ribu orang termasuk jemaat gereja. Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Kantor Cabang Makasar, Anthonius Paluruan di Makasar, Kamis (25/6), mengatakan saat ini tercatat 756 peserta TK LHK, di antaranya para pedagang, bongkar muat, tukang ojek, juru parkir, dan sekitar 600 nelayan Barombong. Selengkapnya »
25/06/2009

Jaminan Sosial Butuh Asuransi Khusus

JAKARTA: Status hukum empat badan usaha milik negara (BUMN) sebagai asuransi persero dianggap belum sesuai dan membutuhkan status khusus untuk menjalankan peran sebagai badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS). Selengkapnya »
25/06/2009

Baru 8,4 Juta Pekerja Formal Jadi Peserta Jamsostek

Penegakan hukum dan Undang-undang ketenagakerjaan, termasuk UU Nomor 3 tentang Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja) masih belum maksimal. Pasalnya, masih banyak perusahaan karyawan/inya menjadi peserta Jamsostek. Selengkapnya »
25/06/2009

4 Asuransi BUMN Diusulkan Status Khusus

JAKARTA – Kementrian BUMN mengusulkan empat BUMN diberikan status khusus sebagai badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS). Keempat BUMN itu adalah PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), PT Taspen, PT Asabri, dan PT Askes.Uraian ini merupakan altenatif penyelesaian polemik keberadaan BPJS sebagai penyelenggara Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Selengkapnya »
25/06/2009

Jamsostek Minta Iuran Naik dan Bebas Pajak

JAKARTA, PT. Jamsostek mulai mengeluhkan tingginya klaim jaminan pelayanan kesehatan. Porsi klaim kesehatan kini mencapai 80% dari total biaya klaim yang ditanggung Jamsostek. Selengkapnya »
24/06/2009

Jamsostek Intensifkan Sosialisasi

JAKARTA (Suara Karya): PT Jamsostek (Persero) akan terus mengintensifkan sosialisasi kepada perusahaan dan pekerja terkait manfaat kepesertaan dalam program jaminan sosial. Selengkapnya »
23/06/2009

Jamsostek Peduli Pendidikan

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kota Jakarta yang ke 482, kantor walikota Jakarta Timur menyelenggarakan acara “pagelaran kesenian rakyat” kota Jakarta Timur tahun 2009 yang dilaksanakan pada hari sabtu, 20 juni 2009. dalam kegiatan tersebut PT. Jamsostek (Persero) kantor cabang Rawamangun, Cawang dan Pulo Gadung mendapat kesempatan untuk meyalurkan dana beasiswa kepada putra-putri masyarakat sekitar Jakarta Timur dan putra-putri tenaga kerja peserta Jamsostek. Selengkapnya »
23/06/2009

2004-2008, Jamosotek Wilayah I Bayar Jaminan Rp 1,178 T

Kepala Kanwil I PT. Jamsostek (Persero) Dr H Mas’ud Muhammad MM mengatakan jumlah yang dibayarkan PT. Jamsostek (Persero) se Sumatra Utara selama lima tahun terakhir dari tahun 2004-2008, yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang dibayarkan sebesar Rp 136.157.544.982,64 dengan jumlah kasus 50.639. Selengkapnya »
23/06/2009

Baru 17 Persen Pekerja Nikmati SJSN

Jakarta- Perlindungan sosial terhadap pekerja di sektor ekonomi informal hingga saat ini masih rendah. Untuk itu International Labour Organization (ILO) dan PT Jamsostek menuntut peranan presiden terpilih nantinya menyediakan perlindungan jaminan sosial secara menyeluruh. Selengkapnya »
23/06/2009

80 Persen Pekerja Informal Tidak Punya Jamsos

Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei yang dilakukan peneliti dari Organisasi Buruh Internasional (ILO), menyebutkan sekitar 80 persen pekerja informal Indonesia tidak punya jaminan sosial (jamsos) apapun. Selengkapnya »
23/06/2009

564 Buruh Sampah Masuk Jamsostek

MANADO--MI: Sebanyak 564 orang buruh sampah yang beroperasi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah terdaftar di PT Jamsostek. Selengkapnya »
22/06/2009

Mengapa Program Jaminan Sosial Belum Dilirik?

Di antara substansi yang menjadi bahan kampanye para calon presiden-calon wakil presiden, program jaminan sosial belum memperoleh perhatian. Mungkin hanya dianggap bagian dari program kesejahteraan. Namun, untuk mewujudkan kesejahteraan, sebenarnya perlu dilengkapi ”cara” bagaimana mewujudkannya. Program ini (antara lain) menunjukkan ”cara” bagaimana mewujudkan menyejahterakan rakyat. Selengkapnya »
22/06/2009

Gerakan Buruh Jadi Komoditas Kampanye

Jakarta, Kompas - Perjuangan kaum buruh mendapatkan hak mereka masih menjadi komoditas kampanye elite politik. Namun, politisasi buruh belum berimplikasi langsung pada perbaikan kesejahteraan buruh. Selengkapnya »
22/06/2009

Setoran Dividen BUMN Menyusut

JAKARTA - Gejolak perekonomian global membuat roda bisnis perusahaan, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), melambat. Karena itu, setoran dividen 2010 yang akan diambil dari keuntungan 2009, dipatikan menyusut. Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan angka setoran dividen 2010 yang akan diusulkan dalam pembahasan APBN 2010. "Angkanya belum bisa disebutkan, tapi yang jelas turun dari tahun ini," ujarnya kemarin (18/6). Selengkapnya »
19/06/2009

Pengusaha diminta tak lalai beri jaminan sosial

JAKARTA - Para pengusaha diminta tidak lalai Selengkapnya »
19/06/2009

Pengusaha diminta tak lalai beri jaminan sosial

JAKARTA: Para pengusaha diminta tidak lalai memberikan jaminan sosial bagi pekerjanya, termasuk untuk pekerja tidak tetap (kontrak), menyusul kenaikan jumlah kasus kecelakaan kerja dalam 2 tahun terakhir yang mencapai 12,08%. Selengkapnya »
19/06/2009

Tim Coret 14 Pejabat BUMN

JAKARTA- Tim SBY-Boediono dan Tim JK-Wiranto akhirnya mencopot semua pejabat BUMN yang menjadi tim suksesnya. Kedua tim mencoret 14 nama, sembilan nama di Tim SBY-Boediono dan lima nama di Tim JK-Win.Tim SBY-Boediono hanya memasukkan satu orang sebagai pengganti sembilan nama itu. “Sudah cukup satu orang itu,” kata Hatta Rajasa, ketua tim pemenangan SBY-Boediono, di Bravo Media Centre (BMC) Jl Teuku Umar 51, Jakarta, Rabu (17/6). Selengkapnya »
19/06/2009

Pemerintah Akan Ciutkan BUMN

JAKARTA (SI) – Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berniat mengurangi jumlah BUMN menjadi 25 perusahaan. Selengkapnya »
19/06/2009

10 Pejabat BUMN Dilaporkan Diduga Langgar Pasal 217 UU Pilpres No. 42/2008

JAKARTA, (PR).- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah memegang sepuluh nama pejabat BUMN yang akan dilaporkan ke kepolisian karena terlibat dalam tim kampanye nasional pasangan kandidat yang maju dalam pemilihan presiden (pilpres). Selengkapnya »
18/06/2009

Korban Sawahlunto Tak Diasuransikan

Jakarta – PT. Jamsostek menegaskan, 12 korban meninggal dan 18 korban lainnya yang masih tertimbun ledakan penambangan di Sawahlunto, Sumbar, ternyata belum menjadi peserta Jamsostek. Karenanya, Jamsostek tidak bisa memberikan santunan kepada korban meninggal tersebut. Direktur Utama PT. Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga didampingi Direktur Pelayanan dan Operasi PT. Jamsostek (Persero) Ahmad Ansyori kepada wartawan mengatakan, kuasa penambangan (KP) saat itu dikelola PT. Dasraf Sarana Arang Sejati (DSAS). PT. DSAS kemudian mensubkontrakkan pengerjaan eksplorasi ke CV Perdana. Selengkapnya »
18/06/2009

Superholding BUMN Terhambat UU Keuangan Negara

Jakarta- Undang-Undang (UU) Keuangan Negara dituding menghambat rencana pemerintah untuk membentuk superholding badan usaha milik negara (BUMN). Selengkapnya »
18/06/2009

Sebagian Pejabat BUMN Mengaku Namanya Dicatut

JAKARTA -- Sebagian pejabat badan usaha milik negara mengaku dicatut namanya dalam tim kampanye nasional pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dan Jusuf Kalla-Wiranto. Selengkapnya »
18/06/2009

Menkeu janjikan harmonisasi UU Dana Pensiun

JAKARTA: Pemerintah menyatakan harmonisasi undang-undang jaminan sosial paling cepat direalisasikan pada 2010 guna mendukung dana pensiun yang lebih baik sebagai salah satu kekuatan pembangunan nasional. Selengkapnya »
18/06/2009

Buruh Tuntut Pembatalan Cara Penetapan Upah

Ratusan buruh dari berbagai serikat buruh berdemonstrasi di Gedung Sate, Bandung, Rabu (17/6). Mereka menuntut pembatalan rancangan tata cara penetapan upah minimum provinsi dan kab./kota di Jawa Barat. Setelah melakukan negosiasi, rancangan itu dibatalkan Pemprov Jabar. Selengkapnya »
18/06/2009

Korban Ledakan Tambang Tidak Ikut Jamsostek

JAKARTA (Pos Kota) – Pekerja korban  ledakan tambang batu bara di Bukit Bual, Nagari V Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat  yang menewaskan 28 orang dan 12 lainnya belum ditemukan, ternyata belum dilindungi jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) . Selengkapnya »
18/06/2009

TAMBANG BATUBARA MELEDAK Korban Tewas Menjadi 31 Orang

Sawahlunto- Korban tewas akibat ledakan tambang batubara di Ngalau Cigak, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah menjadi 31 orang, dari sebelumnya sebanyak 13 orang. Seluruh korban berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan pada pencarian hari kedua, Rabu (17/6). Laporan dari lokasi kejadian menyebutkan, dua jasad korban dalam kondisi mengenaskan ditemukan bernama Nami dan Wid. Operasi pencarian, kemarin, sempat dihentikan karena meningkatnya kadar gas methan dalam lubang tambang. Selengkapnya »
18/06/2009

Pekerja Berhak memperoleh Fasilitas Jaminan Sosial

Jakarta- Jutaan pekerja belum memperoleh fasilitas Jaminan Sosial Tenaga Kerja (jamsostek). Saat ini, hanya sekitar 17% dari seluruh pekerja di Indonesia yang sudah menikmati Jamsostek, sebagian besar diantaranya bekerja di sektor formal. Selengkapnya »
17/06/2009

Ratusan Perusahaan Tolak Jamsostek Para Pengusaha di Depok Terkesan Tak Mau Rugi

DEPOK – Ratusan perusahaan di kota Depok belum tercatat sebagai mitra PT Jamsostek. Mereka enggan mengikuti Program Jamsostek karena masih dianggap sebagai beban biaya perusahaan. Selengkapnya »
17/06/2009

Seputar Hak Normatif Pekerja

Lima tahun ke depan, salah satu hak asasi yang perlu mendapat perhatian adalah perubahan nasib atau peningkatan kesejahteraan pekerja. Pengalaman selama ini menunjukkan, perubahan nasib dan peningkatan kesejahteraan tersebut, selalu harus diperjuangkan. Pasalnya? Masih begitu banyak pengusaha yang belum memandang pekerja sebagai aset. Selengkapnya »
17/06/2009

Pengusaha Abaikan Jamsostek

Sebagian besar pengusaha di kota depok mengabaikan program Jamsostek bagi para karyawannya. Indikasi itu terlihat dari banyaknya pengusaha yang tidak memenuhi undangan pemerintah kota Depok untuk mengikuti penyuluhan program Jamsostek. Selengkapnya »
17/06/2009

50 Perusahaan Langgar Jamsostek

Depok – sebanyak 50 perusahaan di kota Depok dipanggil Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kota Depok, selasa (16/6). Ke-50 perusahaan itu dipanggil karena tidak mengikuti program Jamsostek. Selengkapnya »
17/06/2009

Ratusan Pengusaha Depok Tak Ikut Jamsostek

Sedikitnya sekitar 250 pengusaha di kota depok belum mengikuti program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Padahal, berdasarkan UU No 3 Tahun 1992 tentang jaminan sosial tenaga kerja, para pengusaha wajib mendaftarkan karyawannya menjadi peserta Jamsostek. Selengkapnya »
16/06/2009

Jamsostek Danai Kredit Perumahan

PT Jaminan Sosial tenaga Kerja menyalurkan dana Rp 4 triliun untuk mendanai kredit perumahan rakyat. Saat ini, menurut Direktur Investasi Elvyn G Masassya, Jamsostek tengah menegosiasikan kerja sama dengan empat bank milik pemerintah, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN.   Selengkapnya »
16/06/2009

Jamsostek Sosialisasikan Program ke Pengunjung

  Selengkapnya »
16/06/2009

Gerakan Sadar Hukum akan Jamsostek Dicanangkan

Sebagai tindaklanjut kesepakatan kerjasama yang sudah ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Dr H Mas'ud Muhammad MM dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Sutiyono,Kamis lalu,  Jamsostek   Kanwil I akan mencanangkan gerakan sadar hukum Jamsostek Selengkapnya »
16/06/2009

Pekerja Informal Diabaikan Capres Didesak Realisasikan Reformasi Agraria

[JAKARTA] Belum satu pun capres yang mempunyai program konkret menyentuh para pekerja di sektor informal. Padahal, data per Februari 2009 menyebutkan, jumlah mereka mencapai 70 juta orang, atau 70 persen dari total angkatan kerja Indonesia. Selain itu, capres-cawapres tidak menyinggung sama sekali reformasi agraria yang sudah lama ditunggu oleh 24 juta keluarga petani dan buruh tani. Selengkapnya »
16/06/2009

Revisi UU 13/2003 Solusi Ketenagakerjaan

  Selengkapnya »
15/06/2009

Berbagi Kekayaan

Kalau Anda sudah berada dalam keadaan cukup kaya atau malah sangat kaya, apa yang akan Anda lakukan dengan kekayaan Anda? Menggunakannya sesuka hati, memenuhi semua keinginan? Sepenuhnya terserah Anda. Selengkapnya »
15/06/2009

Kejari Depok Bantu Jamsostek Tagih Tunggakan

Jamsostek berhak mendapat bantuan dari kejaksaan. DEPOK -- Kejaksaan Negeri Kota Depok kini sedang memproses 10 perusahaan di Depok, yang memiliki tunggakan pembayaran iuran program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Kesepuluh perusahaan itu belum juga melunasi tunggakan kendati telah memasuki batas waktu yang ditentukan. Selengkapnya »
12/06/2009

Jamsostek Gandeng Bank BUMN

JAKARTA - PT Jamsostek akan menggandeng empat bank BUMN untuk penyaluran pembiayaan perumahan senilai Rp 4 triliun yang akan diluncurkan bagi anggotanya mulai semester II/2009. Selengkapnya »
12/06/2009

Jamsostek Nikmati Potensi Keuntungan Rp 900 Miliar

JAKARTA – Manajemen PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) mampu membalikkan potensi keuntungan investasinya, dari semula rugi Rp 2,7 triliun menjadi untung Rp 520 miliar, hanya dalam waktu lima bulan. Selengkapnya »
12/06/2009

Pembentukan Anak Usaha Jamsostek Rampung 2010

PT.Jamsostek akan merealisasikan pembentukan anak usaha Jamsostek Fund pada semester I 2010. Perusahaan patungan dengan Islamic Corporation for Development (ICD) ICD itu akan memiliki modal awal Rp 1 triliun. Selengkapnya »
12/06/2009

Awak Blue Bird Protes

Puluhan pengemudi Blue Bird (BB) melakukan aksi unjuk rasa di bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin. Aksi protes ini adalah buntut dari pemecatan enam karyawan tiga bulan lalu dan ketidakpuasan mereka terhadap manajemen BB. “Saya ingin menuntut keadilan, “ ujar Ardi Adnan, Ketua Umum Serikat Karyawan Blue Bird Indonesia. Selengkapnya »
12/06/2009

Jamsostek Hak Normatif Pekerja Sesuai UU

Memorandum of Understanding (MoU) nota kesepakatan antara Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Erman Suparno dengan Jaksa Agung tentang penegakan hukum kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) diharapkan segera terlaksana dalam waktu dekat ini. Selengkapnya »
12/06/2009

Minim, LHKPN Pejabat BUMN (Sigit, “Yang Melaporkan Kekayaan Umumnya Pejabat Lama”)

BANDUNG, (PR) -Tingkat kepatuhan penyelenggara Negara atau pejabat dilingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama para pejabat baru, untuk melaporkan harta kekayaannya masih rendah. Selengkapnya »
12/06/2009

Komisaris BUMN Dilarang Ikut Kampanye

Pejabat di badan usaha milik Negara, termasuk komisaris, dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye pemilihan umum 2009. ketentuan tersebut dimuat jelas dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 mengenai pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Selengkapnya »
12/06/2009

Dukungan Dana Pensiun Wajib Menguat: Pencairan Jaminan Hari Tua Jadi Rp 4 Triliun

Wacana amandemen regulasi agar keberadaan dana pensiun menjadi wajib kian mendapatkan dukungan setelah para pengusaha menyepakati isu krusial dan berharap ada harmonisasi empat aturan jaminan sosial. Selengkapnya »
10/06/2009

Program Jamsostek Merupakan Program Yang Diharapkan Dapat Memberi Solusi

Benarkah Undang-undang Jamsostek sudah tidak relevan? Adakah yang salah? Mungkin saat awal undang-undang tersebut diluncurkan tidak ada yang salah. Hanya saja, dalam perkembangannya mungkin menjadi tidak relevan lagi, karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan pekerja dan kurang dikenalnya program Jamsostek itu sendiri. Selengkapnya »
10/06/2009

SPJ Minta Jamsostek Tidak Dipolitisi Capres

Serikat Pekerja PT Jamsostek (Persero) meminta tim sukses calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) Susilo Bambang Yudoyono (SBY)-Budiono tidak mengklaim kinerja PT Jamsostek (Persero) sebagai keberhasilan SBY. Seperti diketahui, tim sukses capres-cawapres SBY-Budiono mengklaim program penyediaan perumahan pekerja, bantuan untuk penanggulangan pengangguran, dan bantuan untuk pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh PT Jamsostek sebagai bukti kesuksesan SBY selama menjadi presiden. Klaim keberhasilan ini tersiar melalui salah satu media cetak nasional dalam bentuk advertorial tim sukses SBY-Boediono edisi selasa (9/6). Selengkapnya »
10/06/2009

DAMPAK PHK Pekerja Tak Mampu Lunasi PUMP Jamsostek

Direktur Operasi dan pelayanan PT. Jamsostek (Persero) Ahamad Ansyori mengakui adanya kecendrungan potensi terjadinya macetnya iuran pelunasan uang muka perumahan bagi pekerja (PUMP). Namun berapa besar jumlah iuran pelunasan pinjaman macet dan terjadi di daerah mana saja tidak diuraikan. Selengkapnya »
10/06/2009

DPPK Bisa Menggarap Program Iuran Pasti

JAKARTA- Daripada harus pindah ke dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) meminta anggotanya menggarap sendiri layanan program pensiun iuran pasti. Toh, Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Bisa mmenyelenggarakan program itu sendiri. Selengkapnya »
08/06/2009

Investasi Jamsostek Lebih Konservatif

Meski hasil investasi melorot hingga Rp 2 triliun, laba Jamsostek terkoreksi 4,65%. Karena itu, perusahaan ini mulai menerapkan strategi investasi yang lebih konservatif. Harapannya, target laba Rp 1,037 triliun bisa diraih. Selengkapnya »
08/06/2009

Harmonis Lewat Lembaga Tripartit Nasional

Pemerintahan mendorong hubungan industri lewat lembaga tripartit nasional. Mampu menekan gejolak di tingkat pekerja. Prediksi terjadinya pemutusan hubungan kerja besar-besaran akibat krisis tak terbukti. Selengkapnya »
05/06/2009

Pejabat BUMN Tak Boleh Main Saham

Pejabat Aktif Yang Bekerja di Kementrian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disarankan tidak ikut aktif dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), terlebih, saham perusahaan BUMN. Hal ini dinilai penting untuk menghindari konflik kepentingan pada setiap keputusan. Selengkapnya »
05/06/2009

Jaminan Sosial di Tengah Krisis Finansial Global

Krisis financial global telah memengaruhi penyelenggaraan Jaminan Sosial dan pensiun di banyak negara di dunia. Di Indonesia Jamsostek juga mengalami hal serupa, namun semuanya bisa diatasi dengan baik. Jamsostek tetap komit untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peserta dan masyarakat umumnya. Selengkapnya »
04/06/2009

PT Jamsostek (Persero) Jalin Sinergi Dengan PT Bank BNI

PT Jamsostek (Persero) tengah melakukan sinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), khususnya Perbankan, seperti dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. Hal ini bertujuan meningkatkan kepesertaan jaminan sosial bagi tenaga kerja di lingkungan perbankan itu. Selengkapnya »
04/06/2009

Kinerja BUMN-BUMN Turun dan tidak Sinergis

Serikat Karyawan (Sekar) PT Telkom menilai mekanisme kerja Kementerian Negara BUMN (Badan Usaha Milik Negara) cenderung blunder. Hal itu diindikasikan dari kinerja BUMN-BUMN yang malah menurun akibat kurangnya sinergi antara Kementerian Negara BUMN dengan departemen teknis BUMN terkait. Selengkapnya »
03/06/2009

Keanggotaan Jadi Prasyarat Kredit: Kartu Jamsostek Bisa Dipakai di ATM BNI

PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) tengah mengupayakan agar kartu keanggotaannya dapat dipakai di seluruh ATM Milik PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Melalui akses teknologi informasi ini, anggota dapat mengecek saldo JHT, pembayaran iuran, dan transaksi lainnya via ATM BNI. Selengkapnya »
03/06/2009

Jamsostek Menjajaki Kerjasama KPR Murah

PT Jamsostek mengajak bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dalam program Link Deposit Mortgage. Dalam Kerjasama tersebut, Jamsostek kebagian peran menempatkan dana di bank BUMN. Sedangkan bank BUMN bertugas menyalurkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) kepeserta Jamsostek. Selengkapnya »
02/06/2009

Jamsostek Hentikan Biaya Pelatihan Pencari Kerja

PT Jamsostek akan meninjau kerjasama sekaligus menghentikan pembiayaan pelatihan bagi pencari kerja yang dijalin dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, langkah itu diambil menyusul adanya protes dan unjuk rasa sejumlah serikat pekerja ke kantor Gubernur Jawa Barat beberapa hari lalu. Selengkapnya »
02/06/2009

Jamsostek Tingkatkan Sinergi Sesama BUMN

PT Jamsostek (Persero) melakukan sinergi dengan badan usaha milik negara (BUMN) lainnya, khususnya perbankan, untuk meningkatkan kepesertaan jaminan sosial bagi tenaga kerja. Dalam hal ini, PT Jamsostek bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan-perusahaan yang menjadi nasabah perbankan untuk lebih lanjut diketahui apakah sudah menjadi peserta jaminan sosial sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jamsostek. Selengkapnya »
01/06/2009

Pemerintah Janji Nggak Suntik Mati PPD

Pemerintah memastikan tidak akan menyuntik mati atau melikuidasi BUMN angkutan bus kota, Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (Perum PPD) "Di kepala saya ada dua opsi, ini masih ada harapan hidup," kata Sekretaris Kementrian Negara BUMN Said Didu di kantornya, akhir pekan lalu. Selengkapnya »
01/06/2009

Perusahaan Nggak Ikut Jamsostek, Tak Peroleh Kredit Perbankan

Perusahaan yang belum menyertakan karyawannya sebagai peserta Jamsostek sebagaimana diamanatkan UU Nomor 3/1992, nantinya tidak bisa memperoleh kredit perbankan. Selengkapnya »
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan