Arsip : April 2010


30/04/2010

Buruh Menuntut Jaminan Sosial

Ada banyak isu yang akan disuarakan buruh pada Hari Buruh (May Day), pada Sabtu (1/5) besok. salah satunya adalah menuntut pemberlakuan sistem jaminan sosial untuk buruh. "Undang-undang NO. 40/2004 tentang SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) harus segera diwujudkan," kata Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS), Said Iqbal, di Jakarta, Kamis (29/4). Selengkapnya »
30/04/2010

Hari Buruh Sedunia: Buruh Menuntut Reformasi Jaminan Sosial

Puluhan ribu buruh bersama berbagai elemen kemasyarakatan dan kemahasiswaan dari DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, akan berunjuk rasa menuntut reformasi sistem jaminan sosial sambil merayakan Hari Buruh Internasional di Jakarta, Sabtu (1/5/2010). Mereka menuntut pemerintah segera merealisasikan berbagai regulasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Undang-Undang Nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Selengkapnya »
29/04/2010

Jamsostek: Dana JHT Sepenuhnya untuk Pekerja

PT Jamsostek akan menjamin dana yang tersimpan dalam bentuk program Jaminan Hari Tua akan terjaga hingga para pekerja yang menjadi peserta program tersebut memasuki usia pensiun. Selengkapnya »
29/04/2010

MAY DAY: Serikat Pekerja BUMN Gelar Mogok Nasional

Mengisi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2010, Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu akan melakukan aksi mogok di sejumlah kota besar di Indonesia. Aksi itu dimaksudkan sebagai desakan kaum buruh kepada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar segera merumuskan program-program peningkatan kesejahteraan buruh. Selengkapnya »
29/04/2010

Jamsostek Lakukan Registrasi Ulang

PT Jamsostek Wilayah IV Jabar-Banten, akan meningkatkan pelayanan dengan melakukan pandataan ulang atau her registrasi. Khususnya bagi peserta Jamsostek aktif. Hal ini dilakukan untuk memperbaharui data tenaga kerja yang diberikan masih sederhana. Selengkapnya »
28/04/2010

Jamsostek rangkul kembali buruh rokok

PT Jamsostek akhirnya bisa menarik kembali ribuan pekerja rokok di Kabupaten Kudus menjadi peserta progam jaminan sosial tenaga kerja, setelah 12 tahun mereka keluar sebagai peserta. Selengkapnya »
27/04/2010

HARI BURUH Peraturan Ketenagakerjaan Harus Dikaji Ulang

Pemerintah diminta mengevaluasi atau mengkaji ulang seluruh peraturan dan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan. Tujuannya agar pemerintah bisa menerbitkan kebijakan di bidang ketenagakerjaan yang lebih memihak kepada kaum pekerja/buruh.   Selengkapnya »
27/04/2010

Aturan Ketenagakerjaan: Pemerintah Revisi Aturan Outsourcing

Pemerintah bakal merevisi aturan tenaga kerja outsourcing atau pegawai kontrak. Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan membahasanya dengan kementrian lain, termasuk dengan serikat pekerja dan pengusaha, demi penyempurnaan ketentuan tersebut. Selengkapnya »
27/04/2010

BPJS Berbentuk Tunggal

Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memasuki babak baru. Semua fraksi di DPR, telah sepakat menjadikan BPJS sebagai lembaga tunggal yang berstatus hukum, badan hukum publik wali amanah. Selengkapnya »
27/04/2010

KESEMPATAN KERJA

PT Jamsostek (Persero), suatu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, membutuhkan tenaga-tenaga professional untuk mengisi posisi pada daerah penempatan Sumatera, Bangka dan Kepulauan Riau. Selengkapnya »
26/04/2010

Jamsostek Beli 20% Saham Bukopin

PT Jamsostek bakal membeli 20% saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) senilai Rp 500-600 miliar. Selengkapnya »
26/04/2010

Akuisisi Bank Agro, Kinerja BRI Bisa Lampaui Mandiri

Rencana akuisisi Bank Agro oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk diperkirakan membuat kinerja keduanya semakin baik. Sebab, Bank Agro mempunyai pasar tersendiri. Kinerja BRI diperkirakan bisa melampaui Bank Mandiri. Selengkapnya »
26/04/2010

25 Perusahaan Lalaikan Jamsostek Dilimpahkan ke Kejati

Sebanyak 25 dari 145 perusahaan yang lalai memberikan perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) kepada pekerjanya dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut). Selengkapnya »
26/04/2010

FSPMI: Perlu Revisi UU Jamsostek Karena Tak Memihak Pekerja

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menilai Undang-undang (UU) Nomor 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), perlu direvisi karena tidak berpihak pada hak para pekerja . Selengkapnya »
23/04/2010

Pelayanan Klaim Kantor Jamsostek Cabang Cilandak Memuaskan

Januari akhir 2010 saya resign dari kantor saya yang lama dengan masa kerja hampir sembilan tahun. Dan, setelah melewati masa tunggu satu bulan berbekal kartu Jamsostek saya mencoba mencairkan dana yang ada. Selengkapnya »
23/04/2010

Jamsostek Cabang Binjai-Langkat Sosialisasi Pengusaha Ternak

Sebanyak 150 pengusaha ternak yang berada di wilayah Kabupaten Langkat mengikuti sosialisasi Manfaat Program Jamsostek di gedung PKK, Stabat, Rabu (21/4). Selengkapnya »
23/04/2010

Buruh Jawa Timur Desak Jaminan Sosial

Sekitar 500 buruh dari Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jawa Timur, Kamis siang (22/4) mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur. Mereka mendesak agar DPRD mengeluarkan surat rekomendasi jaminan sosial bagi buruh. Selengkapnya »
23/04/2010

Usaha konstruksi diminta perhatikan pekerja

Pemerintah meminta kalangan pengusaha jasa konstruksi untuk memperhatikan jaminan kesehatan dan keselamatan pekerja selama masa kontrak kerja berjalan. Selengkapnya »
22/04/2010

Jaminan Sosial, Tema Besar Hari Buruh

Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) menegaskan akan mengerahkan ratusan ribu massa mendatangi Istana Presiden, Gedung DPR RI, dan DPRD di seluruh Indonesia pada Hari Buruh se-Dunia (May Day) 1 Mei nanti. Selengkapnya »
22/04/2010

Aturan Jaminan Sosial Mendesak Segera Disahkan

Masyarakat mendesak agar Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial segera disahkan. Selain itu, pemangku kepentingan, terutama perwakilan pembayaran iuran—yakni pekerja—agar ada perwakilannya di dalam BPJS. Selengkapnya »
22/04/2010

Komite Minta Jaminan Sosial Diterapkan

Komite Aksi Jaminan Sosial menuntut pemerintah segera memberikan jaminan sosial seumur hidup bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial Said Iqbal dalam diskusi publik tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang diselenggarakan oleh AJI Jakarta-FYiederich Ebert Stiftung, di Jakarta kemarin. Selengkapnya »
22/04/2010

JAMSOSTEK BERI SANTUNAN SATPOL PP YANG MENINGGAL DUNIA

PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) akan memberikan santunan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta yang meninggal dan luka-luka dalam kasus kerusuhan di Koja, Tanjung Priok, Jakarta, pekan lalu. Selengkapnya »
22/04/2010

Sistem Jaminan Nasional yang Belum Nasional, Pemerintah Dinilai Menghindar dari Kewajiban

Masyarakat diminta mendesak pemerintah untuk segera memberikan jaminan sosial seumur hidup bagi seluruh rakyat Indonesia. Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial, Said Iqbal, yang meminta itu dalam diskusi publik tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Rabu (21/4). Selengkapnya »
21/04/2010

Rekanan Harus Pakai Berjamsostek

Pemerintah Kota Parepare, mulai perketat aturan ketenaga kerjaan untuk jasa konstruksi. Selengkapnya »
21/04/2010

Bukopin rights issue, Jamsostek pembeli siaga

PT Bank Bukopin Tbk merencanakan penambahan modal melalui rights issue dengan pembeli siaga PT Jamsostek yang akan diagendakan pada akhir tahun ini atau pada tahun depan. Selengkapnya »
21/04/2010

Korban kerusuhan Koja dapat santunan

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang tewas dalam kasus kerusuhan Koja di Tanjung Priok akan mendapatkan santunan dari jaminan sosial tenaga kerja. Selengkapnya »
20/04/2010

PPRK-Jamsostek kerja sama

Persatuan Perusahaan Rokok Kudus (PPRK) akhirnya siap mendaftarkan pengelolaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja para buruh rokok di bawah naungannya ke PT Jamsostek. Upaya ini merupakan perkembangan baru setelah selama 12 tahun lamanya pengelolaan jaminan sosial buruh rokok ditangani Pusat Koperasi Karyawan Industri Rokok Kudus (PKKIRK) yang merupakan bentukan PPRK. Selengkapnya »
20/04/2010

Dinilai Bertentangan Dengan Undang-Undang Kader Banteng DPR Tolak Aksi Beli Saham Jamsostek

Rencana PT Jamsostek (persero) membeli saham PT Bank Bukopin Tbk sebesar Rp. 900 miliar ditolak anggota Komisi IX dari Fraksi PDIP. Rencana tersebut dinilai bertentangan dengan undang-undang nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Selengkapnya »
20/04/2010

Pekerja Rumah Tangga Yogyakarta Bisa Dapat Jamsostek

Meskipun belum ada aturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang mengatur pekerja rumah tangga (PRT) sebagai pekerja, namun PRT di Daerah Istimewa Yogyakarta bisa memperoleh jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek). Kecenderungan PRT saat ini yang tidak tinggal di rumah pemilik kerja atau majikannya membuat PRT termasuk berisiko mengalami kecelakaan saat berangkat ke tempat kerja maupun pulang dari kerja. Selengkapnya »
20/04/2010

INVESTASI JAMSOSTEK Pembelian Saham Bukopin untuk Perkuat Sinergi Antar-BUMN

Rencana PT Jamsostek (Persero) untuk membeli 16 persen saham Bank Bukopin dalam program right issue (penerbitan saham baru untuk dijual) dalam rangka memperkuat sinergi antarbadan usaha milik negara (BUMN). Ini juga sejalan dengan misi pemerintah yang mendorong peningkatan sinergi antar-BUMN dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan publik. Selengkapnya »
20/04/2010

CSR Jamsostek untuk Tingkatkan Kesehatan Tenaga Kerja

Jakarta, Pelita Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PT Jamsostek (Persero), Karsanto, mengatakan, bantuan Jamsostek berupa ambulans kepada rumah sakit selama ini merupakan bagian dari pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR). Selengkapnya »
19/04/2010

Berusaha dalam Musik : ELVYN G MASASSYA PRAKTISI KEUANGAN

  Jika Anda termaksud penggemar musik dan kerap membeli CD atau pengguna RBT, boleh jadi anda sering kebingungan menghafal nama-nama penyanyi atau grup band baru. Sejak sejak beberapa tahun belakangan, industri musik Indonesia kebanjiran artis baru. Hamper setiap hari ada CD atau kaset yang beredar. Selengkapnya »
19/04/2010

Pekerja Rumah Tangga Perlu Ikut Jamsostek

YOGYAKARTA--MI: Pekerja rumah tangga perlu memiliki jaminan sosial tenaga kerja, karena dalam menjalankan pekerjaannya juga berisiko mengalami kecelakaan kerja, kata Kepala Bidang Pemasaran PT Jamsostek Yogyakarta Hasan Fahmi. Selengkapnya »
19/04/2010

Pekerja di Banten Desak Pengesahan RUU BPJS

Serang, Kompas - Pekerja di Provinsi Banten mendesak segera disahkannya Rancangan Undang-Undang tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. Selain itu, mereka juga mendesak revisi Undang- Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Selengkapnya »
16/04/2010

Pembiayaan perumahan non-APBN disiapkan

Kementrian Perumahan Rakyat akan mencari alternatif pembiayaan bidang perumahan melalui kerjasama dengan lembaga BUMN dan non-BUMN yang bergerak di sektor tersebut. Sebagai upaya mengurangi kekuarangan (backlog) perumahan nasional. Deputi Pembiayaan Kemenpera Tito Murbiantoro mengatakan alternatif pembiayaan yang akan dihimpun kemenpera bertujuan mengurangi tingginya ketergantungan anggaran perumahan dari APBN. Selengkapnya »
16/04/2010

Program JPK makin diminati

Tingginya angka kecelakaan kerja dan mahalnya biaya perawatan dan obat mendorong minta pekerja untuk mengikuti program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) pada program jaminan sosial tenaga kerja. Selengkapnya »
16/04/2010

Tuntut Rekomendasi UU BPJS : Gedung DPRD Purwakarta Dikepung Buruh

Ratusan buruh dari sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Purwakarta " mengepung " Gedung DPRD Kabupaten Purwakarta, di Jl Ir H Djuanda, Kec Jatiluhur, Kamis (15/4). Massa K-SPSI ini menuntut Bupati dan DPRD  Purwakarta  membuatkan rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk  membentuk Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai tindak lanjut dari disahkannya Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional (SJSN). Selengkapnya »
16/04/2010

Jamsostek Klaten tempati kantor baru

Setelah lima kali pindah alamat karena terus menerus menyewa kantor sejak tahun 1983, Jamsostek Cabang Klaten, Kamis (15/4), resmi menempati kantor baru di Jl Kopral Sayom, Klaten.Dengan lokasi kantor yang strategis itu, cabang Jamsostek dengan wilayah operasi wilayah Kabupaten Klaten dan Boyolali tersebut, berharap bisa memudahkan layanan kepada para pesertanya. Selengkapnya »
16/04/2010

Demo Buruh Warnai Sejumlah Daerah

  Ribuan buruh di sejumlah daerah menggelar unjuk rasa dengan tuntutan beragam, Kamis (15/4). Di Cilegon, Banten, ribuan buruh berunjuk rasa menuntut perusahaan memenuhi standar tunjangan untuk buruh. Mereka kecewa karena sudah bertahun-tahun bekerja dan diangkat menjadi karyawan tetap, namun belum juga mendapat tunjangan secara utuh, seperti dana tunjangan kesehatan, Jamsostek, dan pendidikan. Selengkapnya »
16/04/2010

Ribuan Buruh di Cilegon Tuntut Tunjangan Kerja

Ribuan buruh dari 20 perusahaan di Kota Cilegon, Banten, Kamis (15/4) siang, berunjuk rasa. Semula, para buruh menggelar aksi di jalur protokol. Mereka lalu berjalan kaki sejauh dua kilometer menuju gedung DPRD serta kantor Wali Kota Cilegon. Sempat terjadi kericuhan saat para buruh hendak masuk ke dalam gedung dewan. Namun setelah negosiasi, wakil para buruh diperkenankan masuk. Selengkapnya »
16/04/2010

DPRD Mojokerto Diminta Revisi UU Jamsostek

Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Metal Indonesia (FSBMI) berunjuk rasa depan Kantor DPRD Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (15/4). Mereka menuntut agar Dewan memberikan rekomendasi untuk Undang-undang Badan Pengelola Jaminan Sosial (BJPS) serta merevisi UU Jamsostek. UU Jamsostek dinilai kurang maksimal. Selengkapnya »
16/04/2010

CSR BUMN Jamsostek Serahkan Satu Ambulans ke RS Polri

JAKARTA (Suara Karya): PT Jamsostek (Persero) menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans dengan peralatan dan fasilitas lengkap ke Rumah Sakit Pusat Polri RS Sukanto di Kramat Jati, Jakarta Timur. Selengkapnya »
15/04/2010

Klaim Jaminan Hari Tua Bukan Hanya Milik PNS

Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Buruh Kota Cilegon (FKSP/SB) menyerbu kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Rabu (14/4). Selengkapnya »
15/04/2010

Pemerintah Harus Awasi Hubungan Industrial

Pemerintah diminta untuk berani tegas dalam mengatasi masalah perselisihan dalam hubungan industrial antara pekerja/buruh dan perusahaan. Dalam hal ini, pemerintah jangan hanya sekadar menjadi fasilitator, apalagi saat ini ada 68 kasus perselisihan yang melibatkan 70 ribu buruh yang belum bisa terselesaikan. Selengkapnya »
15/04/2010

Ribuan Buruh Tolak Kenaikan TDL

Ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja/Buruh Kota Cimahi, Rabu (14/4), berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Cimahi, Jln. Siti Djulaeha Karmita. Mereka menyatakan penolakannya terhadap rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Selengkapnya »
14/04/2010

Ribuan Buruh Cilegon Kembali Tuntut Jamkesos Rp 6 Miliar

Ribuan buruh dari 18 perusahaan di Kota Cilegon, Banten, kembali menggelar unjuk rasa di depan Gedung Dewan Kota Cilegon, Rabu (14/4). Mereka kembali menuntut pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) untuk 4 ribu peserta Jaminan Kesejahteraan Sosial (Jamkesos) Rp 6 miliar yang dikelola UPTD Lembaga Pengembangan Kesejahteraan Sosial Masyakarat (LPKSM) di bawah Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon. Selengkapnya »
14/04/2010

PERLINDUNGAN JAMINAN SOSIAL, 15.000 Buruh Rokok Akan Ikut Jamsostek

Sekitar 15.000 buruh harian pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), akan menjadi peserta jaminan sosial yang diselenggarakan PT Jamsostek (Persero). Namun, komitmen ini baru sebatas dinyatakan oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK) kepada pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng. Selengkapnya »
14/04/2010

Permudah Pelayanan pada Investor Pendaftaran Jamsostek Bisa Dilakukan Dalam Hitungan Jam

Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Tenaga Kerja, PT Jamsostek (Persero)  berupaya mempermudah proses pendafataran kepesertaan dari 5 hari kerja menjadi hanya beberapa jam. Selengkapnya »
14/04/2010

Pascasomasi Kejati Jateng 14 Ribu Buruh Rokok Masuk Jamsostek

Semarang, CyberNews. Pascasomasi Kejaksaan Tinggi Jateng terhadap perusahaan-perusahaan rokok di Kabupaten Kudus, akhirnya lahir kesepakatan antara Kanwil PT Jamsostek Jateng, jaksa pengacara negara (JPN) dari Kejati Jateng, dengan Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK), yang merupakan asosiasi 11 perusahaan rokok tersebut. Februari lalu, Kejati melayangkan somasi ke para pengusaha rokok di Kudus yang tergabung dalam PPRK, sebab menjaminkan jaminan sosial pekerja ke pusat koperasi bentukan PPRK, bukan ke Jamsostek. Sementara undang-undang mengatur, jaminan sosial yang diakui negara hanyalah Jamsostek. Selengkapnya »
13/04/2010

Aduuh, Jurnalis Makassar Di-PHK Melalui SMS

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Muhammad Idris, seorang jurnalis di Makassar, mengaku pernah di-PHK hanya melalui SMS. Di Sulsel, masih banyak jurnalis  ainnya  yang  juga  terancam perilaku serupa karena ketidakjelasan hubungan kerja. Selengkapnya »
13/04/2010

Guru PNS Terjamin, Guru Swasta Tergilas

Yogyakarta, CyberNews. Di zaman reformasi seperti sekarang ini, dimana nasib guru pegawai negeri sipil (PNS) cukup diperhatikan, sebaliknya guru swasta sama sekali tidak diperhatikan. Sehingga nasibnya tidak sebaik para guru PNS. Selengkapnya »
13/04/2010

Sopir Kontainer Pelabuhan Belawan Mogok

MEDAN--MI: Puluhan sopir kontainer di Belawan, Medan, Sumatra Utara (Sumut) melakukan aksi mogok kerja, Senin (12/4). Mereka menghalangi kendaraan yang masuk ke Unit Terminal Peti Kemas (UTPK) Belawan. Selengkapnya »
13/04/2010

Jumlah PDS Masih Tinggi

SURABAYA - Jumlah perusahaan yang belum transparan dalam mendaftarkan upah dan jumlah tenaga kerja masih tinggi. Karena itu, PT Jamsostek Kantor Wilayah (Kanwil) VI Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara terus mendorong perusahaan agar memperbaiki data yang telah didaftarkan. Selengkapnya »
13/04/2010

PERLINDUNGAN JAMINAN SOSIAL : 15.000 Buruh Rokok Akan Ikut Jamsostek

JAKARTA (Suara Karya): Sekitar 15.000 buruh harian pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), akan menjadi peserta jaminan sosial yang diselenggarakan PT Jamsostek (Persero). Namun, komitmen ini baru sebatas dinyatakan oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK) kepada pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng. Selengkapnya »
12/04/2010

Kacab PT Jamsostek Tg Morawa, Edy Syahrial: Setiap Tenaga Kerja Miliki Hak untuk Jadi Peserta Jamsostek

Tg. Morawa, (Analisa)Setiap tenaga kerja memilik hak untuk ikut menjadi peserta Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) sesuai dengan Undang-undang No 3 tahun 1992. Selengkapnya »
12/04/2010

Kasus Kecelakaan Kerja Masih Tinggi

Jakarta, Pelita Direktur Operasional dan Pelayanan PT Jaminan Sosial Tenaga kerja (Jamsostek) Persero, Ahmad Ansyori, mengungkapkan kasus kecelakaan kerja di Indonesia masih tinggi selama periode 2007-2009. Data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyebutkan sepanjang tahun 2009 terjadi 54.398 kasus kecelakaan kerja di Indonesia. Angka ini menurun sejak 2007 yang sempat mencapai 83.714 kasus dan pada 2008 sebanyak 58.600 kasus. Selengkapnya »
09/04/2010

Ratusan Pekerja Tuntut Perlindungan Jamsostek Seumur Hidup

BANDUNG-MI: Ratusan pekerja yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial Jawa Barat (KAJS Jabar), Kamis (8/4), berunjuk rasa menuntut pemberian Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) seumur hidup. Selengkapnya »
09/04/2010

Jamsostek sudah siap laksanakan SJSN

JAKARTA (Suara Karya) : Pelaksanaan sistem jaminan sosial nasional (SJSN) tergantung kemauan politik (political will) pemerintah. Apalagi, saat ini sudah ada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN serta empat badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS), seperti PT Jamsostek (Persero), PT Askes, PT Taspen, dan PT Asabri. Selengkapnya »
09/04/2010

Buruh Beraksi Kritisi Jamsostek

RATUSAN buruh berunjuk rasa menuntut pengalihan pengelolaan dana jamsostek di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat, di Kota Bandung, kemarin.   Selengkapnya »
08/04/2010

Serikat Buruh Aceh: pelaku usaha harus lindungi pekerja

KOTA LHOKSEUMAWE - Ketua Dewan Cabang Aceh Trade Union (Serikat Buruh Aceh), Marzuki, meminta semua pelaku usaha memberi perlindungan terhadap tenaga kerja. Hasil survey pihaknya selama ini, pelaku usaha sektor formal dan informal belum sepenuhnya memberikan hak-hak pekerja. Selengkapnya »
08/04/2010

Buruh se-Karanganyar desak penerapan Jamsostek

Karanganyar- Serikat buruh di Karanganyar mendesak agar dua RUU tentang jaminan sosial untuk buruh segera disahkan. Mereka menuding, selama ini banyak perusahaan atau badan usaha yang tidak memberikan jaminan sosial apapun untuk para pekerjanya. Selengkapnya »
08/04/2010

Sistem Jamsostek Dinilai Tak Adil

BATAM, KOMPAS - Sekitar 500 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Batam berunjuk rasa di halaman Gedung DPRD Batam, Rabu (7/4). Mereka menuntut sistem jaminan sosial tenaga kerja yang berlaku saat ini segera direvisi karena memunculkan ketidakadilan. Selengkapnya »
07/04/2010

Penerima pertama santunan Jamsostek

Keluarga ahli waris almarhum Slntua Eron Gultom, slntua (pelayan) di HKBP Resort  Pardomuan Naull Distrik XIII Asahan Labuhan Batu, merupakan Keluarga Parhalado (pengurus gereja) pertama di lingkungan HKBP yang menerima santunan kematian setelah resmi menjadi peserta Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) sejak Desember 2009 lalu. Selengkapnya »
07/04/2010

Mesin Meledak, Delapan Orang Terluka

Bogor, Kompas - Salah satu mesin pelabur lem karet ke tekstil di bagian pembuatan bahan mantel hujan PT Ever Shine Tex di Jalan Raya Jakarta Bogor Kilometer 50 di Desa Cijunjung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, meledak, Selasa (6/4) pukul 08.30. Peristiwa itu menyebabkan 8 karyawan terluka dan sejumlah bidang tembok dari 7 rumah warga di belakang kompleks perusahaan itu retak. Selengkapnya »
07/04/2010

JAMSOSTEK : NELAYAN WAJIB DAPAT PERLINDUNGAN JAMSOS

Jakarta, 6/4/2010 (Kominfo-Newsroom) – Direktur Operasional dan Pelayanan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Persero Ahmad Ansyori mengatakan, pekerja di sektor informal seperti nelayan, wajib mendapatkan jaminan sosial (jamsos) dalam perlindungan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.   Selengkapnya »
06/04/2010

Wujudkan jaminan sosial dan kesehatan

Sebagaimana diketahui, bahwa makna penting amanah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia menyatakan bahwa pemerintah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selengkapnya »
06/04/2010

Pemerintah didesak terapkan SJSN Badan penyelenggara jaminan sosial harus nirlaba

Pemerintah dan legislatif didesak membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang tidak berorientasi laba dan merevisi UU No.3/1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Selengkapnya »
06/04/2010

Kecelakan kerja naik 8 orang mati tiap hari

Kasus kecelakaan kerja terus naik dalam tiga tahun terakhir (2007-2009). Jumlah pekerja yang meninggal dunia dalam kurun waktu itupun terus bertambah. Direktur Operasional dan Pelayanan PT Jamsostek (Persero) Ahmad Ansyori mengasumsikan, dalam 264 hari kerja dalam setahun rata-rata ada 17 tenaga kerja yang mengalami cacat fungsi akibat kecelakaan kerja setiap. Selengkapnya »
06/04/2010

Komisi IX Ikuti Tuntutan Pendemo Revisi UU Jamsostek

Jakarta - Komisi IX DPR menyetujui tuntutan para buruh dari Komite Aksi Jaminan Sosial Untuk Rakyat. Komisi IX akan merevisi UU No 3/2009 tentang jaminan sosial tenaga kerja.   Selengkapnya »
06/04/2010

FSPMI desak amandemen UU No. 3/1992

JAKARTA (Bisnis.com): Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut adanya amandemen UU No.3/1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, karena selama ini program pemerintah itu tidak memberikan manfaat yang optimal kepada pesertanya.   Selengkapnya »
06/04/2010

PT JAMSOSTEK : TINGKAT KECELAKAAN KERJA MASIH TINGGI

Direktur Operasional dan Pelayanan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Persero Ahmad Ansyori mengatakan angka kasus kecelakaan kerja di Indonesia masih tinggi dalam tiga tahun terakhir, yakni dalam kurun waktu antara tahun 2007-2009. Selengkapnya »
05/04/2010

INVESTASI JAMSOSTEK Penyertaan Modal di Reindo Tunggu RUPS

Penyertaan modal secara langsung PT Jamsostek (Persero) di PT Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo) hanya menunggu keputusan dari pemegang saham. Jamsostek siap menyuntik dana sebesar Rp 300 miliar jika Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham perwakilan pemerintah memberi izin. Selengkapnya »
05/04/2010

Ancam Demo Besar-besaran, Buruh Tuntut Pengesahan Sistem Jaminan Sosial

Isu jaminan kesehatan yang sempat memicu ketegangan namun berakhir dengan pengesahan di Amerika Serikat kini menular ke Tanah Air. Ribuan buruh akan turun ke jalan berunjuk rasa menuntut pengesahan segera sistem jaminan sosial yang komprehensif. Selengkapnya »
05/04/2010

AKSI KORPORASI JAMSOSTEK TINGKATKAN NILAI TAMBAH PESERTA JAMSOSTEK

PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) tidak mau setengah-setengah dalam aksi korporasinya dengan menggarap seluruh jenis usaha untuk meningkatkan imbal hasil bagi Jamsostek sesuai target yang telah ditentukan Selengkapnya »
05/04/2010

Alokasi Aset Investasi

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sukses ataupun gagal dalam berinvestasi. Salah satu faktor yang paling menentukan adalah strategi ataupun cara mengalokasikan aset investasi. Selengkapnya »
04/04/2010

ABDeS Desak Seluruh Buruh Deli Serdang Dilindungi Jamsostek

Aliansi Buruh Deli Serdang (ABDES) mendesak seluruh buruh yang bekerja di wilayah Deli Serdang untuk dilindungi program jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) sebagaimana amanat UU No 3 tahun 1992. Selengkapnya »
04/04/2010

Kasus Kecelakaan Tenaga Kerja Terus Naik

Kasus kecelakaan kerja terus naik dalam tiga tahun terakhir (2007-2009). Jumlah pekerja yang meninggal dunia dalam kurun waktu itupun terus bertambah. Selengkapnya »
04/04/2010

385 Ribu Orang, 3.200 Perusahaan Target Jamsostek Sumsel-Riau 2010

Kepala Kanwil PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Sumatra Selatan (Sumsel)-Riau, Sutrisno Firdaus, menargetkan pada tahun 2010 peserta Jamsostek bertambah 385 ribu tenaga kerja. Selengkapnya »
01/04/2010

Jamsostek Tambah Modal Reindo

PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) berniat untuk melakukan penyertaan modal langsung kepada Reasuransi Internasional Indonesia (RelNDO) untuk mencegah defisit terlalu dalam. Jamsostek menyuntikkan dana maksimal 300 miliar rupiah, yang berasal dari dana non Jaminan Hari Tua. Selengkapnya »
01/04/2010

PT Jamsostek Terus Entaskan Pengangguran

Dirut PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga mengatakan tahun 2010 pihaknya akan menyiapkan dana untuk program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) atau corporate social responsibility (CSR) sebesar 10 persen dari laba bersih perusahaan. Selengkapnya »
01/04/2010

Pengusaha Abaikan Hak Kesehatan Pekerja di Kota Bandung, 1.250 Perusahaan Langgar UU

Sebanyak 1.250 dari 5.000 perusahaan yang ada di Kota Bandung melanggar Undang-undang (UU) No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Poin yang dilanggar salah satunya mengenai hak kesehatan para pekerja yang seharusnya dipenuhi tanpa mengenal status pekerja. Selengkapnya »
01/04/2010

Hanya Setengah Persen Nelayan yang Mendapat Jaminan Sosial

Tugas negara untuk memberikan jaminan sosial bagi rakyatnya, terutama para nelayan belum banyak berarti. Hingga kini, dari sekitar 37 juta nelayan yang ada di seluruh penjuru nusantara, baru setengah persen yang sudah menerima jaminan sosial melalui PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Selengkapnya »
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan