22/03/2010

Jamsostek Libatkan Diri Dalam Program Penanggulangan Tuberkulosis

PT Jamsostek akan terlibat secara aktif dalam membantu program penanggulangan  penyakit  tuberkulosis dengan  strategi DOTS untuk peserta JPK. DOTS adalah kepanjangan dari Directly Observed Treatment Short - Course sementara JPK adalah jaminan pelayanan kesehatan Jamsostek.

Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga di Jakarta, Sabtu, mengatakan kegiatan penanggulangan TB itu diadakan terkait Peringatan Hari TB Sedunia yang akan diadakan pada tanggal 24 Maret 2010 di Balai Kartini - Jakarta.   

Dalam kegiatan itu, direncanakan diadakan penandatangan MoU antara PT Jamsostek dengan Ditjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan. "Penanggulangan penyakit tuberkulosis dengan penerapan program DOTS  telah terbukti sebagai strategi penanggulangan yang efektif dan ekonomis," kata Hotbonar.

Saat ini, belum semua fasilitas kesehatan menerapkan strategi DOTS, terutama dokter praktek swasta. Sampai saat ini unit pelayanan kesehatan yang terlibat dalam strategi DOTS adalah puskesmas (sekitar 98 persen), rumah sakit dan BP4 (sekitar 30 persen) dan dokter praktek swasta masih terbatas pada uji coba.

Sementara berdasarkan data program JPK Jamsostek menunjukkan  penyakit TB paru merupakan 10 penyakit terbanyak di pusat pelayanan kesehatan (PPK) kelas 1 dan lima penyakit terbanyak pada rawat jalan dokter spesialis atau 35 persen kunjungan ke PPK II untuk rawat jalan.

Data penyakit ini terbanyak ditemukan di Kantor Wilayah PT Jamsostek  III, IV dan VI. Sementara jumlah tenaga kerja yang ikut Program JPK saat ini baru 22,5 persen dari seluruh tenaga kerja Jamsostek.
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan