17/03/2010

Jamsostek Bandung Antisipasi Peningkatan PHK

Bandung, Jurnal Nasional -

PT Jamsostek Bandung II menyiapkan dana senilai Rp 100 miliar untuk mengantisipasi penungkatan klaim sebagai dampak dari pemberlakukan " China ASEAN Trade Agreement: CAFTA " yang cukup memberatkan sektor industri khususnya tekstil dan produk tekstil. " Dana yang disiapkan tahun 2010 ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya karena kemungkinan ada peningkatan pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dampak pemberlakuan CAFTA,  " kata Kepala Kantor Cabang PT Jamsostek II Bandung,kemarin.

 

Dia menyebutkan sebagian besar pembayaran untuk JHT yang disesuaikan dengan aturan yang ada, selain itu Jamsostek juga memberikan bantuan bagi peserta Jamsostek yang terkena PHK namum kepesertaanya belum lima tahun. Besaran bantuan PHK tersebut sekitar Rp.350.000.

 

Dia menyebutkan, tanda-tanda peningkatan PHK tahun 2010 ini sudah terlihat dalam Januaroi dan Februari 2010 dimana telah terjadi 1,220 kasusu PHK denga total santunan senilai Rp 6,6 miliar. " Sebagian besar dari pekerja sektor tekstil dan produk tekstil. Tahun 2009 juga ada peningkatan jumlah PHK"  kata Agus.

 

Jumlah pembayaran klaim tahun 2009 senilai Rp 45,8 miliar, atau meningkat 200 persen dari perkiraan sebelumnya,. Semenytara itu menurut data Jamsostek Bandung II, saat ini terdapat sebanyak 130.607 pekerja peserta asuransi tenaga kerja itu yang berasal dari 745 perusahaan.

 

Wilayah erja Jamsostek Bandung II sendiri meliputi kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung sendiri saat ini menjadi salah satu kantong industri terbanyak di wilayah Bandung Barat. (Wahyu)

 

(Wahyu)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan