28/07/2009

Kami Puas Dengan Layanan Jamsostek


PT. Rajawali Nusantara Indonesia–RNI (Persero) adalah salah satu mitra Jamsostek. RNI merupakan salah satu BUMN berbentuk Holding yang unik karena beragamnya bidang usaha yang dijalankan diantaranya: agro industri, farmasi, alat-alat kesehatan dan perdagangan. Beragamnya usaha PT RNI membuatnya memiliki jaringan usaha yang tersebar di seluruh Indonesia melalui: 15 anak perusahaan, 2 cucu perusahaan, 35 kantor cabang dan 15 unit cabang yang mempekerjakan 21.000 orang karyawan. Menarik mendengarkan pendapat PT. RNI sebagai salah satu mitra Jamsostek melalui penuturan Bapak Ali Yanuarto dalam obrolan santai dikantor pusat RNI yang berlokasi di kawasan Mega Kuningan. Berikut petikannya untuk Anda.

 

T: Sejak kapan Anda mendapat penugasan untuk mengurus kepentingan Perusahaan terkait Jamsostek?

 

J: Saya bekerja di RNI sejak tahun 2000, namun urusan dengan Jamsostek baru diserahkan kepada saya sejak tahun 2004 karena rekan yang mengurus sebelumnya pindah ke-kantor cabang di Bogor.

 

T: Selama 6 (enam) tahun mengurus kepentingan karyawan RNI di Jamsostek, apa kesan Bapak?

 

J: Hubungan kami terutama dengan kantor Jamsostek Cabang Setiabudi sangat baik. Sekarang banyak kemajuan misalnya: pengisian data, pelaporan upah, pengurusan JHT, dan urusan lain yang semakin cepat penyelesaiannya. Kami juga sedang ikut program Her-registrasi, mudahmudahan  setelah ini layanan Jamsostek akan makin bertambah baik.Aonya juga selalu siap membantu.

 

T: Bagaimana pendapat Bapak mengenai program Jamsostek? Bagaimana cara Bapak mengetahui produk kami?

 

J: Kalau produk pokok saya sudah paham karena sudah 6 (enam) tahun mengurus hal tersebut. Mengenai produk/program baru menurut saya perlu disosialisasikan lebih serius. Seperti misalnya mengenai program: PUMP. Saya tahunya ketika melihat dan membaca brosur yang disediakan di kantor Jamsostek Setiabudi. Setelah baca, saya yang menanyakan kepada AO-nya. Kedepan akan lebih baik jika kami bisa segera mendapatkan informasi tentang produk, program atau manfaat tambahan lain yang ditawarkan Jamsostek, sehingga jika teman-teman bertanya kami lebih mudah menjelaskannya. Atau lebih bagus lagi jika sekali waktu Jamsostek terjun langsung mensosialisasikan produknya kepada karyawan kami .

 

T: Manfaat tambahan apa yang paling diminati di RNI?

 

J: Beasiswa, tahun ini saja ada 38 yang mengajukan permohonan dan hanya 15 yang disetujui. Program ini biasanya kami tawarkan kepada: pelayan, sopir dan satpam karen memang ada ketentuan yang harus dipenuhi. Pemohonnya naik terus dari

tahun ketahun.

 

T: Apa saran Bapak untuk peningkatan kinerja Jamsostek?

 

J: Kantor kami memiliki banyak cabang diseluruh Indonesia. Masalah yang

sering terjadi terkait urusan Jamsostek adalah masalah mutasi. Temen-teman banyak yang sudah mengetahui kalau Jamsostek sudah on-line. Pikiran mereka layanan online bisa persis sama seperti di bank. Begitu mutasi, data dengan sendirinya sudah beres. Nyatanya khan tidak demikian, tetap ada proses untuk pengurusannya. Dalam beberapa kasus mutasi juga sering ada masalah jika misalnya kami dari kantor pusat mutasi kedaerah lain dan kemudian kembali bertugas di kantor lama, kami masih harus mengurus nomor yang baru. Padahal seharusnya lebih baik kalau bisa memakai nomor yang lama/sama. Kalau hal tersebut bisa dilaksanakan tentu urusan menjadi lebih mudah dan cepat.

 

T: Ada pengalaman yang sangat mengesankan selama berurusan

dengan Jamsostek?

 

J: Kasus Bapak Nasrudin, salah satu Direktur Anak Perusahaan RNI- PT. Putra Rajawali Banjaran yang sempat menjadi perhatian nasional. Masalahnya memang ada ditempat kami, kalau Jamsostek nampaknya sudah siap membayar kewajiban jika semua syarat sudah terpenuhi. Tapi melengkapi syarat tersebut juga tidak mudah. Saking terkenalnya kasus ini sampai-sampai setiap kali saya mampir ke-kantor Jamsostek Setiabudi selalu ditanya, Nasrudin bagaimana? Kasus ini memang luar biasa dan tidak akan pernah saya lupakan.

 

PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Ali Yanuarto- SDM

RNI Building

Jl. Denpasar Raya Kav D. III Kuningan Jakarta 12950

Telp. 021-2523820 2523830, Fax. 021-5202827

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan