07/05/2013

Tambah 3 Kanwil, Jamsostek Jangkau Kepesertaan

Jakarta, Selasa 7 Mei 2013, Pikiran Rakyat -

JAKARTA, (PRLM): PT Jamsostek (Persero) yang tengah menjalani proses transformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, tahun 2013 ini membuka tiga Kantor Wilayah (kanwil). Hal ini untuk menjangkau kepesertaan yang lebih luas.

Dengan bertambahnya tiga Kantor Wilayah dari 8 Kantor Wilayah yang sudah ada saat ini, diharapkan mampu menjangkau kepesertaan Jamsostek yang lebih luas, kata Dirut PT Jamsostek (Persero) Elvyn G Masassya dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Tiga kanwil yang diresmikan tahun ini adalah Kantor Wilayah Sumatera Barat Riau, Kantor Wilayah Maluku dan Kantor Wilayah Banten.

Kanwil Sumbar-Riau diresmikan pada Senin, 29 April 2013. Kanwil ini akan menahkodai 11 kantor cabang di Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Provinsi Sumbar. Kantor cabangnya terdiri dari Padang, Bukittinggi, Solok, Riau 1,Riau 2, Duri, Rengat, Dumai, Batam 1, Batam 2, dan Tanjung Pinang.

Dengan jumlah 11 Kantor Wilayah, Jamsostek mempunyai jaringan 121 kantor cabang, 56 kantor cabang pembantu, dan 12 desk service (Jamsostek Service Point Oficer-BJB) dan dalam waktu dekat akan ada 500 desk service (Jamsostek Service Point Officer-BRI).

Diharapkan saat mulainya transformasi pada 1 Januari 2014, kapabilitas organisasi sudah dapat menjawab amanah tersebut, kata Elvyn.

Wakil Gubernur Riau, Drs. H.R. Mambang Mit menyatakan menyambut baik keberadaan Kantor Wilayah Jamsostek di Riau ini, apalagi dengan cakupan yang luas. Sehingga diharapkan mampu meng-cover tenaga kerja sampai kepelosok daerah, mengingat geografis keberadaan perusahaan yang jauh dari perkotaan.

Perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk mengawal program Jamsostek, dan itu tidak bisa hanya mengandalkan UU, program Jamsostek sangat penting untuk kesejahteraan para pekerja, imbuh Mambang.

Indikator pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau saat ini sekitar 8% dari normal 6%. Dan tentu ini strategis dari sisi perekonomian lokal.

Kepala Kanwil Jamsostek Subar-Riau, Rizani Usman mengatakan, potensi tenaga kerja di wilayah Sumbar, Riau, Kepri sangat signifikan. Pihaknya akan melakukan sinergi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan kerja sama dalam rangka meningkatkan kesadaran perusahaan untuk mengikutkan karyawannya kepada program Jamsostek.

Ada potensi 3 juta tenaga kerja di wilayah kami, saat ini baru tercover 50% tenaga kerja yang menjadi peserta Jamsostek. Ini sebuah tantangan bagi kami untuk lebih bersemangat dalam merangkul stakeholder Jamsostek, ujar Rizani.

((A-78/A-89))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan