16/04/2013

Jamsostek Permudah Kepemilikan Rumah

Makassar, Makassarterkini -

PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) tahun ini, semakin mempermudah kepemilikan rumah bagi warga Makassar. Kemudahan itu berupa tawaran pinjaman bergulir non komersil untuk harga rumah di bawah Rp300 juta.


Program tersebut juga menunjukkan wujud dukungan Jamsostek terhadap program pemerintah dalam memudahkan masyarakat memperoleh bantuan memiliki rumah idaman yakni, program Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP). Progrma yang telah diluncurkan Jamsostek beberapa waktu lalu, juga men mendapat respons positif dari masyarakat Makassar. Bahkan, demi memudahkan pesertanya, Jamsostek menambah dua bank sebagai mitra kerja.


“Tahun ini kami menambah dua bank untuk mempermudah proses PUMP dengan menggandeng Bank Bukopin serta Bank Syariah Mandiri sebagai mitra dalam proses KPR,” papar Kepala Kantor Jamsostek Makassar, Edi Syahrial, kemarin. Menurutnya, program tersebut merupakan tawaran pinjaman bergulir non komersil yang diperuntukkan bagi rumah dengan harga tidak lebih dari Rp300 juta.


Karena itu, pola pemberiannya benar-benar diseleksi dan merupakan anggota Jamsostek. Dia menjelaskan, saat ini di Makassar realisasi PUMP cukup menggembirakan, hal itu juga menunjukkan jika program ini sangat diterima. Disebutkan, PUMP Jamsostek telah membiayai sebanyak 27 unit dengan nilai Rp 540 juta. Sementara untuk bantuan pinjaman renovasi baru satu unit dengan nilai Rp30 juta, ditambah program pendampingan berupa bantuan administrasi KPR sebesar Rp500.000 untuk masingmasing kepesertaan tenaga kerja.

Sebagian besar pembiayaan difokuskan untuk tipe rumah 36/72 dengan menggandeng perbankan untuk pencairan dana melalui Bank BTN dan BNI. Tahun ini, realisasi pinjaman ditargetkan mencapai 76 unit atau sekitar Rp3,8 miliar dengan alokasi anggaran nasional mencapai Rp200 miliar.

(suwarny dammar)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan