06/03/2013

Kadisnaketrans Dumai Kunjungi Wilmar, Minta Perusahaan Bantu Kurangi Pengangguran

Dumai, Rabu 6 Maret 2013, Riauterkini.com -

Riauterkini, DUMAI : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai melangsungkan kunjungan kerja ke perusahaan Wilmar Group di Kawasan Industri Dumai (KID) Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Selasa (5/3/13).

Dalam kunjungan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, Amiruddin meminta kepada perusahan untuk selalu meningkatkan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan lebih peduli terhadap masyarakat lokal.

Sedangkan mengenai program ini sendiri, kata Amiruddin, merupakan intruksi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Terlepas itu juga, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sangat mengharapkan peran serta perusahaan dalam penekanan angka pengangguran. 

Selain masalah menjalankan program K3, Kadisnaker juga meminta kepada perusahaan Wilmar Group untuk membuka sistem dalam penerimaan tenaga kerja selalu berkordinasi dengan pemerintah setempat. Hal ini, menurutnya guna mewujudkan Visi dan Misi Dumai.

Diingatkan Kadisnaker soal pembayaran gaji pekerja. Diharapkan, perusahaan Wilmar Group membayar gaji karyawan sesuai ketentuan Upah Minimum Kota (UMK) sesuai penetapan dari Gubernur Riau untuk wilayah Dumai pada tahun 2013. 

Amiruddin sendiri juga mengatakan terkait beberapa hari menangani masalahan belum dibayarkannya gaji karyawan PT Synco yang merupakan Sub Kontrak Perusahaan Wilmar Group. Namun demikian, pihak PT Synco sendiri juga sudah merespon penuntasan gaji karyawan itu sendiri.

Kadisnaker juga meminta kepada perusahaan Wilmar Group untuk menjelaskan berapa jumlah Sub Kontraktor yang adai di perusahaan ini. Hal ini, kata dia, untuk mensingkronkan dengan aturan yang sudah ditetepkan oleh pemerintah sendiri. 

Apa saja kebutuhan Wilmar Group setiap tahunnya mengenai tenaga kerja. Dengan demikian, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan menyiapkan tenaga pekerja sesuai kebutuhan Wilmar Group. Maka dari saya minta kerjasamanya, pinta Amiruddin.

Dengan adanya program yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengenai penuntasakan pengangguran dan dibantu perusahaan, makan sudah tentunya perusahaan itu akan aman menjalankan bisnisnya di kota bertajuk Pengantin Berseri. 

Kita tetap menjaga keharmonisan antara Pemerintah dan Perusahaan di Dumai agar menciptakan rasa aman serta kondusif dalam dunia investasi. Maka dari itu, saya harapkan kerjasama yang baik terus dibangun demi mewujudkan Visi dan Misi Walikota Dumai hingga 2015, harapnya.

Ketua Apindo Dumai, Ali Rahman mengatakan, dengan dunia industri yang terus berkembang di Dumai. Maka, sudah sepatutnya Apindo mengambil langkah-langkah untuk menciptakan kondusif antara pemerintah dan perusahaan yang ada di Dumai. 

Ali Rahman sendiri mencontohkan tentang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi wilayah Sumatera Barat. Karena, menurutnya selama ini tidak memiliki masalah dalam tenaga kerja. Hal itu, menurutnya Disnakertrans Sumbar memiliki terobosan kepada warga tempat untuk usaha mandiri.

Kita ciptakan terobosan terbaru bagi pencari pekerja dengan sistem pelatiha, Maka kedepannya, kita ciptakan peluang-peluang bagi warga Dumai untuk hidup mandiri. Jangan sampai kita mengutamkan kegiatan seremonial ketimbang kegiatan nyata, himbaunya. 

Perwakilan dari PT Jamsostek Cabang Dumai, Haris Irawan mengatakan, ini merupakan anugrah sangat luar biasa karena dilibatkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan kunjungan kerja di perusahaan Wilmar Group.

Dengan adanya proses seperti ini, pihaknya mengarapkan kepada perusahaan untuk mendapatkan anggota tenaga kerja di PT Jamsostek Cabang Dumai. Karena, selama ditemukan para peserta banyak terdaftar di luar daerah seperi Medan Sumatera Utara dan Kota Pekanbaru Provinsi Riau. 

Maka dari itu, Haris sendiri mewakili PT Jamsostek Cabang Dumai akan terus meningkatkan pelayanan bagi peserta dari Wilmar Group. Dengan demikian, diharapkan juga kerjasama yang baik antara Jamsostek Cabang Dumai dengan Perusahaan Wilmar Group.

General Manager Wilmar Group di Dumai, Tanmin yang menyambut kujungan kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, Ketua Apindo serta PT Jamsostek sangat disambut baik. Mengenai persoalan yang diharapkan Disnakertrans, pihak perusahaan siap mengikuti aturan. 

Namun sebelum menjawab apa-apa saja yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, Tanmin terlebih dahulu menjelaskan tentang operasional Wilmar Group yang berada di Indonesia terkhusus di wilayah Kota Dumai.

Setelah menjelaskan beberapa point tentang kegiatan operasional Wilmar Group di Dumai, Tanmin menjawab tentang tenaga kerja. Dari 7 prabik yang beroperasi, memperkerjakan kurang lebih 1.739 pekerja di wilayah Kota Dumai yang sudah menjadi karyawan. 

Mengenai masalah perda, kata Tanmin, masih banyak salah pengertian. Karena, dalam Perda itu sendiri menjadi pemikiran bahwa harus merekrut tenaga pekerja tempatan. Namun yang menjadi polemik, banyak masyarakat kurang mengerati tentang mekanisme Perda tersebut.

Kita sendiri sangat merespon apa yang diharapkan Pemerintah setempat dalam perekrutan tenaga kerja lokal. Sangking pedulinya, Wilmar Group membukan kotak aduan pencari kerja di Kecamatan yang berdekatan dengan perusahaan. Namun upaya itu berjalan sebentar, jelas Tanmin.

Kemudian mengenai UMK 2013, kata Tanmin, dengan beragamnya UMK di Indonesia managemen belum bisa merilis berapa detilnya gaji karyawan, kerana perusahaan sejauh ini masih menggodok. Sedangkan gaji karyawan, masih mengikuti aturan UMK tahun 2012 terhitung Januari dan Maret ini. 

Kita menggaji karyawan masih sesuai tahun sebelumnya. Perusahaan saat ini menggodok penetuan gaji karyawan sesuai UMK. Namun kita perusahaan melaporkan secara rel tentang jumlah gaji karyawan Wilmar Group, kata Tanmin.

Sedangkan kebutuhan tenaga kerja di tahun 2013, kata Tanmin, sejauh ini belum ada yang jumlahnya banyak dalam perekrutan tenaga kerja. Adapun perekrutan tenaga kerja, kata dia, itupun jumlahnya sangat terbatas mengingat belum ada penambahan pabrik baru. 

Turut hadir dalam kunjungana kerja Disnakertrans Dumai ke Wilmar Group, Ketua Apindo Dumai, Perwakilan PT Jamsostek Cabang Dumai, Jajaran Anggota Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, dan seluruh staf plus pimpinan Wilmar Group di Dumai.

((had))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan