07/12/2012

Pekerja Dapat Tambahan Manfaat Program JPK

UNGARAN, suaramerdeka.com - Dengan adanya kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri (Permen) Tenaga Kerja RI Nomor 20/MEN/XI/2012, mulai 19 November 2012 para pekerja peserta PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) bisa menikmati kenaikan manfaat program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Kenaikan tersebut menurut Kepala PT Jamsostek Cabang Ungaran, Yazid Muin, berlaku untuk pembiayaan persalinan normal, kacamata, protese gigi, serta anggota badan lainnya termasuk alat bantu dengar bagi mereka yang terganggu organ pendengarannya.

"Semua pekerja peserta Jamsostek dapat menikmati kenaikan manfaat tersebut, asalkan perusahaan telah mendaftarkan mereka," kata Yazid, didampingi Kabid Pelayanan PT Jamsostek Cabang Ungaran, Sentot Priyadi.

Dipaparkan lebih lanjut, berdasarkan data yang ada jumlah peserta tertanggung PT Jamsostek Cabang Ungaran hingga Oktober 2012 mencapai 38 ribu pekerja. Rata-rata dari mereka banyak yang telah memanfaatkan program JPK. Terlepas dari itu, pihaknya tetap menghimbau kepada perusahaaan untuk jujur dan terus aktif melakukan <I>update<P> data agar tidak terjadi kasus di kemudian hari.

Selain kepada perusahaan Yazid menegaskan, tidak bisa melakukan pembayaran pengobatan dan perawatan pekerja yang terkena HIV/AIDS bila yang bersangkutan nakal atau terkena virus di luar genetik.

"Kami hanya melakukan pencairan dana pengobatan serta perawatan pekerja yang terkena HIV/AIDS bawaan genetik, bukan tertular saat dirinya bekerja di suatu perusahaan. Untuk memastikan, data penderita nantinya akan diuji laboratorium," paparnya.

Agar informasi ini sampai di kalangan pekerja serta menimalisir adanya perusahaan daftar sebagian (PDS), pihaknya berencana akan mengajak instansi terkait termasuk serikat pekerja untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan bersama di lapangan.

"Jangan sampai ada PDS, pasalnya bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seorang pekerja harus mendapatkan haknya penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kalau tidak terdaftar menjadi peserta Jamsostek, maka perusahaan harus membayar penuh," tegasnya.

( Ranin Agung / CN34 / JBSM )
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan