29/10/2012

Perusahaan Wajib Daftar Ulang Karyawan ke Jamsostek

Magelang, Senin 29 Oktober 2012, Suaramerdeka.com -

Senin, 29 Oktober 2012

MAGELANG, suaramerdeka.com : Sesuai aturan, peserta program Jamsostek yang masih aktif maupun sudah tidak bekerja (pensiun) dan berusia 55 tahun, bisa mengambil saldo jaminan hari tua (JHT).

Perlakuan berbeda bagi yang sudah berusia 55 tahun maupun pensiun tetapi masih harus bekerja karena tenaganya dibutuhkan, maka perusahaan wajib mendaftarkan ulang karyawannya kepada jamsostek sampai mereka benar-benar pensiun, kata Kepala PT Jamsostek Cabang Magelang, H Waton Satoto SSos, hari ini.

Dia menerangkan, aturan seperti itu belum diketahui oleh karyawan maupun personalia perusahaan. Peserta yang berusia 55 tahun dan sudah mengambil saldo JHT tetapi tidak didaftarkan ulang, maka tidak lagi terdaftar sebagai peserta Jamsostek. Padahal dengan masih harus bekerja, mereka mempunyai hak atas perlindungan Jamsostek. Maka perusahaan wajib mendaftarkan ulang, ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, banyak tenaga kerja yang sudah ke luar dari perusahaan tempatnya bekerja dan pernah didaftarkan sebagai peserta Jamsostek serta sudah berusia 55 tahun, tidak tahu kalau masih punya hak atas saldo JHT. Hal itu harus diinformasikan supaya diketahui semua tenaga kerja.

Mengenai proses mengurus klaim JHT, Waton Satoto menerangkan, bisa diurus dengan mudah dan cepat. Peserta yang sudah berusia 55 tahun cukup membawa kartu Jamsostek yang asli, fotokopi KTP dan kartu keluarga dengan menunjukkan yang asli.

Bagi yang sudah tidak bekerja lagi dengan kepesertaan minimal 5 tahun dan masa tunggu 1 bulan melampirkan kartu Jamsostek asli, fotokopi  KTP, kartu keluarga dan pengalaman kerja dengan menunjukkan aslinya.

((Doddy Ardjono/CN32/JBSM))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan