26/06/2012

Klaim Jamsostek wilayah VI Capai Rp385 Miliar

Surabaya, Selasa 26 Juni 2012, Bisnis.com -

Selasa, 26 Juni 2012

SURABAYA: Volume pengajuan klaim program jaminan hari tua (JHT) di wilayah kerja PT Jamsostek (Persero) Wilayah VI Jatim, Bali, NTB dan NTT selama Januari - Mei tahun ini mencapai 51.615 kasus dengan nilai pembayaran Rp385 miliar.

Kecenderungan meningkatnya pengajuan klaim program JHT disebabkan pekerja peserta program jamsostek yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) membutuhkan dana untuk biaya pendidikan anak maupun beli sepeda motor.

Toeloes Widodo, Kepala PT Jamsostek Cab. Surabaya Rungkut, mengatakan pengajuan klaim program JHT di kantor cabang tersebut sejak April cenderung meningkat, baik dilakukan pekerja peserta program jamsostek yang telah ter-PHK maupun pensiun.

Tidak sedikit pekerja aktif program jamsostek juga mengajukan klaim JHT, untuk beli sepeda motor. Kami tidak bisa melayaninya sebab pekerja yang belum terkena PHK tidak bisa mencairkan JHT, ujarnya, Senin (25/6/2012).

Untuk itu, lanjut Toeloes, pihaknya terus memberikan pemahaman tentang ketentuan kepesertaan dalam program jamsostek. Soalnya, tidak sedikit pekerja peserta program tersebut yang mengira bahwa pembayaran iuran setiap bulan seperti halnya menabung di bank yang dapat dicairkan setiap saat.

Layanan pengajuan klaim JHT di PT Jamsostek Cab. Pasuruan, Jatim, selama Januari - Mei tahun ini juga tergolong tinggi yakni 3.673 kasus dengan nilai jaminan Rp29,1 miliar.

((ra))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan