09/05/2012

PRT Pun Boleh Ikut Program Jamsostek

Rabu, 9 Mei 2012, Poskota.co.id -

Rabu, 9 Mei 2012

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0821148790749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari.

1.Pertanyaan : Sekitar tiga bulan lagi saya pensiun. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya mencairkan Jamsostek jika memiliki dua kartu kepesertaan. Karena sebelumnya saya memiliki kartu peserta Jamsostek saat bekerja di perusahaan lama dan belum dicairkan. (0818442122XX)

Jawab: Kedua kartu peserta Jamsostek tersebut mempunyai nilai nominal masing-masing yang jaminan hari tua (JHT) dapat dicairkan jika peserta sudah tidak bekerja lagi dengan syarat kepesertaan minimum 5 tahun 1 bulan.

2.Pertanyaan : Apakah PRT bisa menjadi anggota Jamsostek, jika bisa program apa? Berapa iuran per bulannya dan bagaimana cara daftarnya? (0811167832XX)

Jawab : Pekerja sektor apapun berhak mendapat perlindungan jaminan sosial,
PRT juga bisa ikut melalui program perlindungan Tenaga Kerja diluar Hubungan
Kerja (TKLHK) dengan mendaftar ke kantor jamsostek terdekat. Besaran iuran berdasarkan prosentase upah minimum setempat. Sebenarnya bisa juga didaftarkan oleh majikan.

3.Pertanyaan : Saya peserta Jamsostek dari tahun 2007. Apakah saya sudah otomatis ikut dalam program JPK (jaminan pemeliharaan kesehatan). Kalau belum, bagaimana caranya ikut? (0831114038XX)

Jawab : Belum otomatis, karena ada perusahaan yang hanya mendaftarkan pekerjanya pada tiga program saja, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (Jkm) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Jika memang diikutkan dalam program JPK, biasanya peserta juga mendapat kartu pemeriksaan kesehatan (KPK). Anda bisa tanyakan dulu pada personalia perusahaan tempat anda bekerja.

4.Pertanyaan : Apa persyaratan menjadi peserta Jamsostek melalui program TKLHK (Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja) bagi pekerja sektor informal, dan mengapa pendaftaran TKLHK harus melalui wadah organisasi/kelompok yang telah melakukan ikatan kerja dengan PT Jamsostek Persero. Berapa besar iuran yang harus dibayar? (0819557332XX)

Jawab : Kepesertaan TK LHK pada program Jamsostek bersifat sukarela. Syaratnya berusia maksimal 55 tahun. Tenaga kerja informal ini juga dapat mengikuti program-program Jamsostek secara bertahap dengan memilih program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta. Selain bisa mendaftar sendiri langsung ke kantor cabang PT Jamsostek (Persero) terdekat, tenaga kerja informal juga bisa mendaftar melalui wadah organisasi/kelompok yang telah melakukan ikatan kerja sama (IKS) dengan PT Jamsostek (Persero) untuk mempermudah proses kepesertaan maupun klaim santunan tenaga kerja informal dalam program jaminan sosial yang diselenggarakan PT Jamsostek. Iuran kepesertaan TK LHK dalam program Jamsostek ditetapkan berdasarkan nilai nominal tertentu berdasarkan upah sekurang-kurangnya setara dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota. Besaran iuran sebesar 1 persen dari total upah/gaji/pendapatan yang dilaporkan untuk program JKK, sebesar 2 persen untuk JHT (minimal), dan 0,3 persen untuk JK serta 6 persen (berkeluarga) atau 3 persen (lajang) untuk program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK).

5. Pertanyaan :Isteri saya sakit dan harus menjalani operasi usus buntu. Apakah bisa memanfaatkan program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK)? (0856402435XX)

Jawab: Kalau memang anda disertakan dalam program JPK, maka anda dan keluarga bisa memafaatkan program tersebut. Anda bisa datang ke puskesmas atau klinik yang bekerjasama dengan PT Jamsostek. Jika membutuhkan perawatan lanjutan, maka akan dirujuk ke rumah sakit. Diantaranya untuk rawat inap, operasi, persalinan, dll.

6.Pertanyaan : Saya pekerja di Kawasan Industri di Karawang, dan ingin menjadi peserta Jamsostek, karena perusahaan belum mendaftar sebagai peserta. Bagaimana caranya? (0813661918XX)

Jawab: Pendaftaran peserta biasanya dilakukan oleh perusahaan ke kantor Jamsostek terdekat. Anda bisa pertanyakan hal ini ke perusahaan, dan jika belum mendaftar bisa dilaporkan ke kantor dinas tenaga kerja setempat untuk penegakan hukum. Saat ini juga ada program perorangan yang disebut program tenaga kerja di luar hubungan kerja (TKLHK) dengan iurang ditanggung pekerja. Anda bisa mendaftar ke kantor cabang terdekat. Pendaftaran TKLH juga bisa dikoordinir melalui lembaga masyarakat ataupun koperasi untuk memudahkan pengumpulan dan pembayaran iuran.

7.Pertanyaan : Saya karyawan suatu PT dan diikutkan dalam program Jamsostek. Tetapi kenapa perusahaan tidak memberikan kartu kepesertaan Jamsostek dan apakah itu peraturan Jamsostek? (08158405333XX)

Jawab : Sebagai peserta berhak memegang kartu kepesertaan Jamsostek. Anda bisa mendesak perusahaan untuk menyerahkan kartu peserta tersebut, karena menahan kartu kepesertaan bukan peraturan dari Jamsostek.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan