08/05/2012

Jamsostek Dukung Program Toba Go Green

Simalungun, Selasa 8 Mei 2012, Tribun-Medan.com -

Selasa, 8 Mei 2012

TRIBUN, MEDAN.com, SIMALUNGUN : PT Jamsostek (Persero) kantor cabang Pematangsiantar mendukung program Toba Go Green yang dicanangkan Pangdam I/Bukit Barisan. Melalui Korem 022/PT kantor PT Jamsostek Cabang Pematangsiantar memberikan bantuan bibit pohon dalam program bina lingkungan.

Dukungan dengan penyerahan bibit pohon secara langsung oleh Kepala Cabang PT Jamsostek Pematangsiantar, Rasidin SH kepada Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur, Kolonel Inf Karsiyanto, Senin (7/5). Penyerahan bibit pohon berlangsung di Makorem 022/PT Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Bibit pohon yang diserahkan sebanyak 6.200 batang bibit, terdiri dari bibit pohon mangga 1.600 batang, durian 1.600 batang, dan mahoni 3.000 batang.

Sebelumnya, Korem 022/PT telah menanam berbagai pohon jenis lamtoro, ingul, kemiri, jengkol dan trambesi di kawasan Danau Toba.

Program ini mulai dilaksanakan pada 5 Oktober 2011 lalu di kawasan Danau Toba, dan berjalan 7-8 tahun kedepan, sehingga membutuhkan banyak bibit pohon.

Menurut Danrem, program Toba Go Green ini mengacu pada program pemerintah dan dunia terkait pemanasan global, sehingga digerakkan program penghijauan. Karsitanto menuturkan, Pangdam melihat ekosistem di kawasan Danau Toba jika tak dipelihara, maka menjadi bagian mata pencaharian masyarakat di sekitarnya, dan Sumut akan berdampak positif.

Data dari Kementrian Kehutanan, ada 380 ribu hektar termasuk lahan kritis di kawasan Danau Toba. Jika lahan itu dihijaukan, bisa menambah debit air yang ada di Danau Toba, sehingga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat terkait program penghijauan, ujarnya.

Menurutnya, Pangdam I/BB berkeinginan pemberdayaan bibit pohon dari masyarakat setempat, lalu dibeli. Dikatakan, program ini juga mendorong pemerintah daerah di sekitar Danau Toba membuat siklus terkait bibit pohon dalam hal pemupukan.

Dimana Pemkab Simalungun bisa membuat program peternakan dipadukan dengan pupuk kompos, ujarnya.

Menurutnya, Kodam dan jajarannya merespon program itu. Danrem mengatakan, ini program jangka panjang dan bisa mendorong dialokasikan melalui APBD pemertintah daerah di kawasan Danau Toba.

Kami juga menyampaikan terimakasih atas kepedulian Jamsostek dalam penyerahaan bibit. Ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di kawasan Danau Toba, dan masyarakat Sumut, ujarnya.

Sementara Rasidin menuturkan, ada program Corporate Social Responsibility (CSR) di BUMN termasuk Jamsostek. Pihaknya antusias membantu progam Toba Go Green, disamping menanam untuk masa depan juga demi penghijauan kawasan Danau Toba.

Kami mendukung sepenuhnya program Toba Go Green ini, ujar Rasidin dalam sambutannya.

((afr/www.tribun-medan.com))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan