23/03/2009

Pura-pura PHK Biar Dana Pensiun Cair

, Kontan, Senin 23 Maret 2009 -

Di tengah krisis ekonomi global ini, semakin banyak saja orang menggunakan cara untuk mendapatkan uang. Tengok saja yang terjadi PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) cabang Medan. Perusahaan ini menemukan gejala para pekerja pura-pura terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) agar bisa mencairkan dana jaminan hari tua (JHT).

 

Kantor Wilayah (Kanwil) Jamsostek Medan menemukan gejala ini sudah mulai merebak. Cuma, Jamsostek belum tahu persis jumlah peserta Jamsostek yang telah memakai cara licik tersebut.

 

Yang jelas, Juru Bicara Kantor Wilayah I Jamsostek Medan, Sanco Manullang mengatakan, praktik seperti biasa terjadi karena peserta bersekongkol dengan pejabat personalia tempat mereka bekerja. Dengan cara itu, mereka biasa mendapatkan surat keterangan PHK. "Ini sangat disesalkan karena merugikan pekerja sendiri," kata Sanco, Sabtu (21/3).

 

Surat keterangan PHK merupakan salah satu syarat untuk mencairkan dana JHT. Selain itu. Peserta Jamsostek juga harus menunjukan kartu peserta dan identitas lain.

 

Jamsostek tentu sangat menyayangkan perbuatan ini. Soalnya, dana JHT itu akan sangat berguna bagi peserta pada hari tua mereka. Jika mencairkan dana pensiun ini sebelum waktunya, Jamsostek memastikan karyawan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Jamsostek sendiri merasa tidak dirugikan oleh perbutan para pekerja itu. "Ini memang hak mereka," tandas Sanco. Namun, Jamsostek merasa perlu mengingatkan para peserta Jamsostek.

 

Sejak badai krisis ekonomi menerpa, Jamsostek sudah siap siaga. Perusahaan ini mempermudah pencairan dana JHT. Terhitung mulai 12 Januari 2009, Jamsostek memangkas waktu tunggu pencairan dana JHT, dari enam bulan menjadi satu bulan.

Kanwil I Jamsostek Medan belum biasa merinci seberapa banyak pembayaran klaim JHT selama tahun ini. Sanco bilang, pihaknya masih melakukan verifikasi. Tapi menurutnya, klaim JHT selama tiga bulan pertama melonjak dari tahun lalu. "Klaimnya naik tiga kali lipat," ucapnya.

(Edy Can, Antara)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan