28/03/2012

Jamsostek Berikan Bea Siswa

Rabu, 28 Maret 2012, Poskota.co.id -

Rabu, 28 Maret 2012

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0821148790749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari.

1.Pertanyaan : Apakah Jamsostek mengadakan program bea siswa? Kalau ada daftar ke mana?

Jawab: PT Jamsostek mempunyai program bea siswa bagi anak peserta Jamsostek yang berprestasi. Jadi belum ada untuk masyarakat umum. Pengajuan beasiswa dilakukan kolektif melalui perusahaan ke PT Jamsostek.

2.Pertanyaan : Saya Herry, mohon petunjuk untuk persyaratan Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) dan jumlah plafondnya. Terima Kasih.

Jawab: Syarat pengajuan PUMP, pekerja sudah satu tahun menjadi peserta dan belum memiliki rumah sendiri (legalisir kelurahan). Pengajuan bisa kolektif melalui perusahaan atau datang langsung ke PT Jamsostek untuk mendapat surat rekomendasi ke bank mitra Jamsostek seperti BNI, Mandiri dan BTN.

3. Pertanyaan : Saya peserta Jamsostek dari Palembang, Sumatra Selatan, bisakah kami mengajukan pinjaman renovasi rumah. Terima kasih, ibu hartini.

Jawab: Semua peserta Jamsostek yang telah aktif selama setahun berhak mengajukan PUMP dan pinjaman renovasi rumah.

4. Pertanyaan : Mohon informasinya tentang peserta Jamsostek yang akan melakukan operasi caesar akan diganti biayanya. Yang saya tanyakan, diganti 100 Persen atau bagaimana prosedurnya?

Jawab: Peserta atau isteri peserta Jamsostek yang menjadi peserta program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK), jika memang harus melahirkan dengan cara caesar sesuai rujukan dokter bersalin dari pusat pelayanan tingkat I, maka biaya operasi persalinan di rumah sakit yang dirujuk akan ditanggung oleh PT Jamsostek sesuai plafon yang ditentukan.

5.Pertanyaan : Kantor lama saya ada di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Saya mau tanya alamat cabang Jamsostek Jakarta Selatan yang terdekat.

Jawab : Kantor Cabang Jamsostek terdekat, ada di Menara Mulia dan Menara Jamsostek, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

6. Pertanyaan :Kepada pimpinan Jamsostek cabang Lampung saya anggota Jamsostek sejak 1996, apakah kami bisa pinjam dana dari Jamsostek untuk modal kerja, selama ini kami pinjam melalui bank. Mohon tanggapanya.

Jawab : PT Jamsostek belum menyalurkan pinjaman usaha atau kerja kepada perorangan. Yang ada program pinjaman uang muka perumahan dan renovasi serta pinjaman usaha bagi koperasi peserta Jamsostek yang sudah berjalan dan memiliki asset Rp100 juta.

7. Pertanyaan : Kalau kepesertaan Jamsostek saya sudah hampir 5 tahun, tetapi belum tepat dengan bulan pendaftarannya, apakah bisa di urus klaimnya?

Jawab: Klaim jaminan hari tua (JHT) baru bisa dilakukan jika peserta sudah berhenti bekerja dengan masa kepesertaan minimal 5 tahun.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan