07/03/2012

Jamsostek Alokasikan Rp1 Miliar Untuk Beasiswa

Cilegon, Kamis 07 Maret 2012, Kontakmedia.com -

Rabu, 07 Maret 2012

CILEGON, (KB) : PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Serang, pada 2012, mengalokasikan dana senilai Rp1 miliar lebih untuk beasiswa. Dana bantuan bidang pendidikan itu ditujukan untuk 545 siswa dan mahasiswa anak tenaga kerja peserta Jamsostek di Kab. Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kab. Pandeglang, dan Kab. Lebak.

Program pemberian bantuan dari Jamsostek ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya PT Jamsostek untuk turut serta meningkatkan kecerdasan anak-anak tenaga kerja peserta Jamsostek. Tujuan lainnya, tentu saja, dalam upaya membantu meringankan tenaga kerja peserta Jamsostek dalam membiaya pendidikan anak-anaknya, kata Kepala PT Jamsostek (Persero) Cabang Serang, Ronny Irawan kepada Kabar Banten pada acara penyerahan beasiswa Jamsostek secara simbolis di Hotel Permata Krakatau, kemarin.

Beasiswa tersebut diserahkan Wali Kota Cilegon, H Tb Iman Ariyadi kepada 22 siswa dan mahasiswa. Saat menyerahkan beasiswa, Wali Kota didampingi Wakil Kepala PT Jamsostek Kantor Wilayah Jabar-Banten, Herwin Mahendra, dan Kepala PT Jamsostek Kantor Cabang Serang, Ronny Irawan. Wali Kota Apresiasi

Wali Kota Cilegon, H Tb Iman Ariyadi mengaku sangat mengapresiasi program PT Jamsostek Kantor Cabang Serang yang peduli terhadap pendidikan anak-anak tenaga kerja peserta Jamsostek di Kota Cilegon. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar program ini bisa terus berjalan. Bahkan, akan lebih bagus lagi, jika nilai beasiswa dan jumlah penerimanya ditingkatkan lagi, katanya.

Ronny mengatakan, penyerahan beasiswa di Cilegon tersebut merupakan bantuan pendidikan tahap pertama tahun 2012. Nilai beasiswa untuk siswa SD/SMP Rp1,8 juta/orang. Sementara untuk siswa SMA/mahasiswa Rp2,4 juta/orang.

Pemberian beasiswa secara simbolis kepada 22 siswa/mahasiswa ini bersamaan dengan acara penyerahan penghargaan dari Pemkot Cilegon kepada perusahaan kategori ‘zero accident’ di Kota Cilegon,  katanya.

Syarat penerima Menurut Ronny ada beberapa persyaratan dalam program Beasiswa Jamsostek untuk anak-anak pekerja peserta Jamsostek. Di antaranya, perusahaan peserta Jamsostek telah terdaftar minimal 1 tahun dan tertib membayar iuran Jamsostek; tenaga kerja telah terdaftar sebagai peserta aktif program Jamsostek minimal 1 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) asli; upah tenaga kerja yang dilaporkan maksimal 300% dari Upah Minimum Provinsi atau Upah Minimun Kabupaten/Kota.

Sementara syarat bagi penerima beasiswa Jamsostek antara lain nilai rata-rata minimal 7,00 (skala 10,00) untuk siswa SD/SMP/SMU dan Indeks Prestasi (IP) minimal 2,75 (skala 4,00).

Anak tenaga kerja peserta program Jamsostek penerima beasiswa dapat menerima beasiswa terus menerus pada jenjang pendidikan yang sama selama mendapatkan nilai rata-rata minimal 8,00 (skala 10,00) dan IP 3,00 (skala 4,00), kata Ronny.

Selain itu, satu anak tenaga kerja peserta Jamsostek yang meninggal dunia atau cacat total tetap akibat kecelakaan kerja bisa mendapatkan beasiswa tanpa persyaratan nilai rata-rata atau IP.

Diajukan perusahaan Kemudian, tenaga kerja perserta Jamsostek wajib melampirkan fotokopi KPJ dan fotokopi kartu keluarga atau keterangan lain yang menjelaskan status anak. Permohonan bantuan diajukan perusahaan peserta, termasuk bagi anak dari tenaga kerja peserta program Jamsostek yang meninggal dunia atau cacat total tetap karena kecelakaan kerja.

Permohonan bantuan bagi anak dari tenaga kerja perserta program Jamsostek yang meninggal dunia atau cacat total tetap karena kecelakaan kerja dilakukan paling lambat enam bulan setelah tanggal meninggal dunia atau cacat total, jelasnya.

Bantuan beasiswa ini diberikan dalam bentuk uang tunai dengan nilai yang ditetapkan melalui surat keputusan/surat direksi PT Jamsostek (Persero) dan secara berkala dapat ditinjau kembali.

Bantuan beasiswa diberikan satu kali pada setiap jenjang pendidikan dan dibayarkan sekaligus untuk 1 tahun. Bantuan beasiswa diprioritaskan kepada tenaga kerja peserta Jamsostek yang belum pernah menerima.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan