01/02/2012

Perserta Jamsostek Bisa Ajukan PUMP

Rabu, 01 Februari 2012, Poskota.co.id - Rabu, 01 Februari 2012

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 082114879749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com

1.Pertanyaan : Saya mau mengajukan pinjaman uang muka perumahan (PUMP) Jamsostek. Saya sudah menjadi peserta selama 4 tahun dengan gaji di bawah Rp 2,5 juta. Kemungkinan besarnya pengajuan saya di tolak apa di acc ya mohon bantuannya terimakasih.

Jawab : Anda bisa langsung mengajukan PUMP ke bank mitra Jamsostek, seperti Bank BNI dan BTN. Atau melalui jaminan perusahaan ke PT Jamsostek. Jika memenuhi persyaratan, maka pengajuan pinjaman akan diterima

2.Pertanyaan : Bisa apa tidak bila saya mengajukan pencairan dana jaminan hari tua (JHT), karena sudah tidak bekerja lagi di perusahaan. Saya terdaftar di Jamsostek Karawang.

Jawab : Anda bisa mencairkan dana Jaminan hari tua (JHT) Jamsostek Jika masa kepesertaan anda sudah memenuhi persyaratan, yaitu 5 tahun, dan sudah tidak bekerja.

3. Pertanyaan : Selamat siang Pa/Bu, tujuan saya mau pinjam dana di Jamsostek untuk renovasi rumah, apakah bisa terima kasih.

Jawab : Anda bisa mengajukan pinjaman biaya renovasi rumah langsung ke kantor jamsostek atau ke bank mitra jamsostek seperti Bank BTN dan Bank BNI. Petugas akan menjelaskan syarat dan ketentuannya.

4. Pertanyaan : Pak/Ibu saya mau tanya kalau saya mau ambil Jamsostek tapi surat pengalaman kerja ga ada karena perusahaan sudah bangkrut/pailit

Jawab : Anda bisa meminta surat keterangan dari dinas ketenagakerjaan bahwa perusahaan tempat anda bekerja sudah pailit. Selanjutnya anda bisa kekantor Jamsostek dengan membawa kartu peserta jamsostek, dan fotocopy KTP serta Kartu Keluarga.

5. Pertanyaan: Dimanakah kantor cabang Jamsostek di Medan, khususnya daerah Padangbulan?

Jawab: Untuk di Medan, anda bisa datang ke kantor Jamsostek Jl. Yos Sudarso No. 36A 061-6628841 dan Jl. Kapten Patimura No. 334 061-4155674 Medan 20153

6. Pertanyaan : Bagaimana cara mencairkan Jamsostek jika memiliki dua kartu kepesertaan.

Jawab: Kedua kartu peserta Jamsostek tersebut mempunyai nilai nominal masing-masing yang jaminan hari tua (JHT) dapat dicairkan jika peserta sudah tidak bekerja lagi dengan syarat kepesertaan minimum 5 tahun 1 bulan.

7. Pertanyaan : Untuk mngambil dana Jamsostek, apa saja yang diperlukan ?
Trima kasih.

Jawab: Syaratnya membawa kartu peserta jamsostek, foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Serta surat keterangan (paklaring) dari perusahaan tempat anda bekerja. Dana JHT baru bisa dicairkan jika masa kepesertaan minimum sudah 5 tahun.

8. Pertanyaan : Isteri saya dulu peserta Jamsostek, namun kini tengah bekerja di luar negeri (TKI). Bisakah JHT Jamsosteknya dicairkan dengan menggunakan surat kuasa?

Jawab : Jika memang peserta bersangkutan berhalangan mencairkan sendiri jaminan hari tua, maka wajib memberikan surat kuasa bermaterai pada yang ditunjuk. Jadi dalam hal ini suami bisa mencairkan JHT isterinya jika memang ada surat kuasa. Namun untuk mencairkan juga harus dilihat dulu batas masa kepesertaan, yaitu 5 tahun.
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan