25/01/2012

Manfaat Jaminan Sosial Jamsostek Batam Bidik TK-LHK

Jakarta, Rabu 25 Januari 2012, Suara Karya - Rabu, 25 Januari 2012

JAKARTA (Suara Karya) : Pekerja informal dan mandiri yang termasuk tenaga kerja luar hubungan kerja (TK-LHK) di Batam banyak yang berminat menjadi peserta program jaminan sosial yang diselenggarakan PT Jamsostek (Persero).

Bahkan, sebagian besar TK-LHK ingin menjadi peserta seluruh program jaminan sosial (paket penuh) yang diselenggarakan Jamsostek, yang meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), jaminan hari tua (JHT), dan jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK).

Kepala Jamsostek Kantor Cabang Batam I Rilexya Suryaputra mengatakan, selain pekerja formal (TK-dalam hubungan kerja) di perusahaan-perusahaan, pekerja informal dan mandiri di Batam juga banyak yang ingin menjadi peserta Jamsostek. Perlindungan dan manfaat program jaminan sosial yang optimal dengan iuran kepesertaan yang terjangkau menjadi tolok ukur para pekerja tersebut.

Seperti ketentuan yang berlaku, pekerja informal dan mandiri bisa ikut program jaminan sosial tertentu, seperti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian saja. Namun, pekerja informal di Batam juga ingin ikut program JPK dan JHT juga. Minat mereka untuk menjadi peserta Jamsostek memang tinggi, katanya ketika dihubungi Suara Karya dari Jakarta, kemarin.

Untuk itu, menurut dia, Jamsostek akan terus mengintensifkan sosialisasi tentang program dan manfaat program jaminan sosial. Selain kepada pekerja formal di perusahaan, juga kepada pekerja informal dan mandiri yang memang jumlahnya cukup banyak di Batam, seperti pekerja di toko dan mal serta pedagang dan lainnya.

Peserta aktif Jamsostek Kacab Batam I hingga 2011 mencapai 3.015 perusahaan (tercatat sebanyak 573 perusahaan baru) dengan tenaga kerja sebanyak 180.504 orang. Sementara itu, jumlah TK-LHK yang sudah menjadi peserta Jamsostek mencapai 3.230 orang. Potensi TK-LHK di Batam yang bisa jadi peserta Jamsostek diperkirakan mencapai ratusan ribu orang.

Kami berusaha meyakinkan masyarakat secara umum serta kalangan pengusaha dan pekerja bahwa melalui program Jamsostek, kita akan turut serta mempercepat terciptanya negara yang sejahtera. Jadi, kami dorong mereka bisa memastikan seluruh tenaga kerja di setiap perusahaan, bahkan tenaga kerja informal sudah menjadi peserta program-program jaminan sosial yang diselenggarakan Jamsostek, ucap Rilexya.

Lebih jauh dia menjelaskan, jumlah perusahaan yang mengikutsertakan karyawannya dalam program JPK Jamsostek sebanyak 2.312 unit dengan 128.160 orang tertanggung (pekerja dan keluarga). Untuk meningkatkan pelayanan JPK, saat ini Jamsostek Kacab Batam I sedang mengembangkan sistem pelayanan terpadu yang disebut e-JPK.

Layanan ini merupakan suatu sistem kerja untuk memudahkan pengawasan dan monitoring mutasi tenaga kerja peserta program JPK. Data tersebut terintegrasi antara PT Jamsostek, pihak perusahaan, serta penyedia pelayanan kesehatan (PPK) tingkat I dan II. Dipastikan sistem ini berjalan mulai pekan keempat Januari 2012 ini. Sistem layanan e-JPK terselenggara berkat kerja sama antara PT Jamsostek (Persero) Kacab Batam I dan PT Telkomsel Batam.

Tujuan dari kerja sama ini untuk memberikan pelayanan optimal kepada perusahaan dan pekerja peserta. Mereka dapat mengakses langsung seluruh pelayanan dan informasi tentang Jamsostek melalui Telkomsel. Dengan layanan ini diharapkan makin mendekatkan pekerja dan perusahaan dengan Jamsostek yang siap memberikan pelayanan terbaik, tutur Rilexya.

Selain manfaat santunan melalui empat program jaminan sosial yang terus meningkat, lanjutnya, Jamsostek juga memberikan manfaat tambahan melalui sejumlah program, seperti dana peningkatan kesejahteraan peserta (DPKP) serta program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Sebelumnya, Direktur Kepesertaan Jamsostek Ahmad Ansyori mengatakan, Jamsostek menargetkan tambahan peserta 170.000 dari pekerja sektor informal/mandiri (TK-LHK) pada tahun ini. Dengan ini, maka lebih banyak lagi pekerja informal yang mendapat perlindungan jaminan sosial atas segala risiko akibat bekerja, seperti sakit, kecelakaan, hari tua, dan lainnya.
((Andrian) )
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan