21/09/2011

Di Mana Saja Bisa Cairkan Satunan Jamsostek

Rabu, 21 September 2011, Poskota.co.id -

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0811146770 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskota.co.id dan poskotanews.com setiap hari.

1.Pertanyaan : Kakak saya bekerja di Surabaya dan disertakan dalam program Jamsostek. Dua bulan lalu dia ditugaskan di Kalimantan, namun karena sakit dibawa ke Jakarta hingga akhirnya meninggal awal bulan lalu. Bisakah kami ahli warisnya mengurus santunannya di Jakarta, karena keluarga tinggal di Jakarta. (0815386133XX)

Jawab : Pengajuan klaim atau santunan dapat dilakukan di kantor cabang manapun, karena saat ini PT Jamsostek sudah menggunakan sistem online, untuk memudahkan peserta.

2.Pertanyaan : Saya menjadi peserta Jamsostek sejak tahun 2000 dan aktif selama 2 tahun. Apakah bisa diambil dan apa syaratnya? Dulu saya kerja di Pakanbaru Riau, dimana bisa mencairkan? (0882104094XX)

Jawab: Anda sudah bisa mencairkan JHT jika sudah tidak bekerja lagi dan pencairan bisa dikantor cabang manapun. Syaratnya membawa kartu peserta jamsostek (KPJ), foto copy KTP dan KK serta surat keterangan dari perusahaan (paklaring).

3.Pertanyaan : Apakah program jaminan pemeliharaan kesehatan, pinjaman uang muka perumahan hanya berlaku untuk peserta yang gajinya dibawah 2 juta? (02193964800)

Jawab : Untuk program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK), tergantung pada perusahaan apakah juga mengikutsertakan pekerjanya dalam program JPK atau tidak. Jika memang disertakan, peserta akan mendapat kartu pemeliharaan kesehatan (KPK) yang dapat dipakai untuk berobat ke klinik atau rumah sakit rekanan PT Jamsostek. Untuk pinjaman uang muka perumahan, semua peserta bisa mendapatkan (PUMP) dengan syarat memiliki upah maksimal Rp4,5 juta. Jadi kalau upah anda Rp3 juta, anda berhak mengajukan PUMP, baik melalui bank ataupun jalur biasa (perusahaan yang mengajukan ke PT Jamsostek).

4.Pertanyaan : Saya bekerja di Assa Rent Car dan disertakan dalam program jaminan pemeliharaan kesehatan Jamsostek. Perawatan apa saja yang bisa dinikmati, apakah juga termasuk perawatan gigi, steril dan usg. Mohon penjelasannya. (082112199991)

Jawab : Pelayanan yang dapat dinikmati adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama yang dilakukan oleh dokter umum atau dokter gigi di Puskesmas, Klinik, Balai Pengobatan atau Dokter praktek solo. Pelayanan rawat jalan tingkat lanjutan, yaitu pemeriksaan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis atas dasar rujukan dari dokter PPK I sesuai dengan indikasi medis, pelayanan rawat inap, persalinan, perlayanan khusus seperti penggantian organ tubuh dan pelayanan emergency atau pelayanan segera.

5.Pertanyaan : Bisakah saya menjadi peserta perorangan karena perusahaan tempat saya bekerja bangkrut? (08561650XX)

Jawab : Anda bisa melanjutkan kepesertaan melalui program tenaga kerja diluar hubungan kerja, namun harus melalui yayasan, lembaga atau paguyuban untuk memudahkan pengumpulan iuran.

6.Pertanyaan : Anak saya dari kelas I – III selalu mendapat peringkat 3. Dalam bentuk apa beasiswa diberikan jika saya mengajukan beasiswa anak berprestasi ke PT Jamsostek? (021978714XX)

Jawab : Program Bantuan Beasiswa Jamsostek bertujuan membantu tenaga kerja peserta Jamsostek dalam pembiayaan pendidikan anak tenaga kerja yang berprestasi untuk jangka waktu 12 bulan dan bantuan yang diberikan berbentuk dana tunai. Yaitu untuk tingkat SD – SLTP Rp 150.000,-/bulan selam 1 tahun dan tingkat SLTA – Perguruan tinggi sebesar Rp 200.000,-/bulan selama 1 tahun. Bantuan diberikan bagi anak yang memiliki peringkat I-III dikelasnya.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan