16/09/2011

Jamsostek Juara Dua Soal Laporan Keuangan

Jakarta, Jumat 16 September 2011, Pos Kota -

JAKARTA (Pos Kota) : PT Jamsostek kembali meraih juara dua mengenai laporan keuangan terbaik (Annual Report Award/ARA) 2010, untuk kategori BUMN keuangan nonlisted

Penghargaan itu menunjukkan bahwa Jamsostek konsisten dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dalam beberapa tahun terakhir, kata Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga yang menerima penghargaan tersebut, kemarin malam.

Dari hasil evaluasi oleh konsultan independen, kata Hotbonar, scoring PT Jamsostek terus meningkat. Pada 2010 lalu memperoleh angka 93,56. BUMN penyelenggara jaminan sosial nasional itu dalam laporan tahunan 2010 menonjolkan motto Keterbukaan Untuk Membangun Kepercayaan (Transparency for Trust Building.

Motto ini sangat penting bagi kami sebagai pengelola dana amanat milik peserta senilai lebih dari Rp100 triliun dan untuk menunjukkan betapa PT Jamsostek selalu mengedepankan aspek keterbukaaan kehati-hatian dan akuntabilitas, jelasnya.

Lomba laporan keuangan tahunan itu diselenggarakan tujuh institusi yakni Bapepam-LK dengan Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance dan Ikatan Akuntansi Indonesia.

PT Jamsostek mendapatkan penghargaan Annual Report Award untuk katagori perusahaan BUMN keuangan non listed sejak 2006,2007, 2008 dan 2009. Pada 2009 juga mendapat juara kedua untuk kategori BUMN keuangan nonlisted.

Pada ARA 2010, temanya adalah “Transparansi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing dalam mengantisipasi Integrasi Ekonomi”. Jumlah pesertanya sebanyak 191 perusahaan atau naik sebanyak 15 perusahaan dibandingkan tahun lalu.

Kriteria penilaian diantaranya isi laporan tahunan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kelengkapan ikhtisar data keuangan penting, laporan dewan komisaris dan direksi yang berkualitas dan profil perusahaan yang lengkap.

Dewan Juri ARA 2010 masih diketuai Mar’ie Muhammad dari Komite Nasional Kebijakan Governance. Sementara proses penjurian dilakukan melalui dua tahap, yaitu review terhadap laporan tahunan dan wawancara dewan juri dengan manajemen perusahaan yang masuk sebagai nominasi pemenang.

((Tri/b))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan