07/09/2011

Jamsostek Ganti Biaya Persalinan Operasi Caesar

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0811146770 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskota.co.id atau poskotanews.com setiap hari.

1. Pertanyaan : Mohon informasi, jika peserta Jamsostek melahirkan melalui operasi caesar, apakah akan mendapat penggantian biaya? (O21949911XX)

Jawab : Sepanjang peserta tersebut diikutkan dalam program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) maka peserta atau isteri peserta yang melahirkan baik normal ataupun caesar akan mendapat penggantian biaya sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Pertanyaan : Tempat kerja saya belum ikut Jamsostek. Jika dilihat dari syaratnya sudah memenuhi kriteria. Bagaimana caranya agar bos saya sadar dan ikut Jamsostek. (0877758674XX)

Jawab : Sayang Anda tidak mencantumkan nama dan alamat perusahaan. Tapi Anda bisa datang ke kantor cabang Jamsostek terdekat untuk minta petugas yang ada datang ke perusahaan tempat anda bekerja untuk menyosialisasikan program Jamsostek hingga bos anda sadar tentang kewajibannya melindungi pekerja melalui program Jamsostek.

3. Pertanyaan : Saya bekerja di yayasan pendidikan tetapi yayasan belum menjadi peserta Jamsostek. Padahal jumlah karyawannya ada 125 orang dan yayasaan sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Kemana kami harus mengadu? (081114755XX)

Jawab : Anda juga bisa meminta bantuan petugas Jamsosek untuk memberi pengertian (sosialisasi) kepada pimpinan yayasan. Jika cara ini gagal, anda bisa melapor ke Kantor
Tenaga Kerja setempat untuk ditindaklanjuti melalui jalur hukum.

4. Pertanyaan : Apakah kecelakaan sewaktu pulang kerja menuju ke rumah termasuk kecelakaan kerja? (0812977758XX)

Jawab : Ya. Yang termasuk kecelakaan kerja dan dijamin adalah kecelakaan yang terjadi dari rumah menuju kantor selama bekerja dan dari kantor menuju rumah.

5. Pertanyaan : Saya sudah 2 tahun lebih ikut Jamsostek, tetapi tidak pernah mengetahui jumlah dana saya yang sudah terkumpul. Kemana jika ingin mendapat informasi tentang hal tersebut? (0877714002XX)

Jawab : Biasanya setahun sekali PT Jamsostek mengirimkan laporan saldo jaminan hari tua (JHT). Anda bisa tanyakan hal ini pada personalia, atau bisa kekantor cabang jamsostek terdekat untuk minta dicetakkan laporan saldo JHT.

6. Pertanyaan : Tanggal 1 November 2011 saya pensiun dari BUMN. Kartu peserta saya bernomor 02J80047836 Cabang Kebon Sirih Jakarta, hilang. Saya tinggal di Semarang, Apakah saya harus membuat kartu baru untuk mencairkan JHT nanti? (0813261199XX)

Jawab : Anda bisa membuat laporan kehilangan kartu peserta Jamsostek ke kantor polisi, kemudian mendatangi kantor Jamsostek terdekat untuk ditindaklanjuti.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan