03/08/2011

Kartu Jamsostek Untuk Ajukan Kredit di Bank

Rabu 03 Agustus 2011, Pos Kota -

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu setiap minggunya. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0811146770 . Namun rubrik ini juga dapat dibaca setiap hari di Pos Kota Online dengan mengklik poskota.co.id. atau poskotanews.com

1.Pertanyaan : Saya peserta Jamsostek yang sudah keluar dari kerja dan memulai usaha sendiri. Saya bekerja sejak 5 Mei 2008 dan berhenti 11 Mei 2011. Mengingat dana Jamsostek (jaminan hari tua) baru akan cair dua tahun lagi, dapatkah saya mengajukan pinjaman ke bank dengan jaminan kartu Jamsostek tersebut? (08595936XX)

Jawab: Kartu kepesertaan Jamsostek tidak bisa menjadi jaminan pengajuan kredit ke bank, karena belum ada kerjasama tentang hal tersebut. Kerjasama yang ada adalah, pinjaman uang muka perumahan (PUMP) kepada peserta Jamsostek yang masih aktif.

2.Pertanyaan : Bagaimana mencairkan dana di Jamsostek dan di mana? Nomer berapa yang bisa dihubungi? (021688510XX)

Jawab : Untuk mencairkan dana JHT Jamsostek, Anda bisa mendatangi kantor Jamsostek terdekat. Caranya dengan membawa kartu peserta Jamsostek (KPJ), fotocopy no.KTP dan Kartu Keluarga serta surat keterangan dari perusahaan tempat anda bekerja (paklaring). Kalau anda di Jakarta, anda bisa datang ke Kantor Menara Mulia di Jl. Jend. Gatot Subroto, karena disana ada tiga kantor cabang Jamsostek, yaitu Kacab Gatsu I, Gatsu II dan Gatsu III.

3.Pertanyaan : Saya ikut Jamsostek sekitar 3 tahun dan sudah berhenti selama 9 tahun, karena perusahaan bangkrut. KTP saya dulu menumpang di KK saudara dan mereka kini sudah pindah tempat. Bagaimana cara mencairkannya?(0813163155XX)

Jawab : Untuk mencairkan JHT jamsostek tetap harus menyertakan KK (kartu keluarga), foto copy KTP dan membawa kartu peserta Jamsostek (KPJ). Mungkin Anda bisa meminta fotocopy dari saudara anda tersebut. Setelah itu, anda bisa mendatangi kantor Jamsostek terdekat.

4.Pertanyaan : Saya mau mencairkan dana JHT Jamsostek karena sudah 5 tahun menjadi peserta. Apakah setelah dicairkan, bisa diperpanjang lagi jika bekerja di perusahaan yang baru. (0812800266XX)

Jawab : Jika dana JHT sudah dicairkan, maka kepesertaan sudah terputus dan tidak bisa diperpanjang. Kami sarankan JHT tidak usah dicarikan agar kepesertaan bisa dilanjutkan saat anda bekerja di perusahan baru. Dana anda yang tersimpan tetap akan mendapat bagian keuntungan dari investasi yang dilakukan PT Jamsostek, yang prosentase bunganya lebih besar dari bunga bank

5. Pertanyaan : Kenapa Jamsostek tidak menanggung pengobatan kanker payudara? (0812116400XX)

Jawab : Pihak Jamsostek kini tengah mengupayakan peningkatan dan pelayanan manfaat bagi peserta program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) Jamsostek, dan nantinya diupayakan pengobatan penyakit kanker masuk di dalamnya. Saat ini pelayanan belum bisa diberikan mengingat masih minimnya iuran JHT.

6. Pertanyaan : Apa persyaratan klaim kematian bukan akibat kerja .

Jawab : Anda cukup membawa surat keterangan kematian dari rumah sakit dan kelurahan setempat serta juga keterangan dari perusahaan tempat peserta bekerja. Juda dengan membawa kartu kepesertaan Jamsostek. Nanti di kantor cabang, anda akan diminta mengisi formulir berita acara, sebelum santunan diberikan.

7. Pertanyaan : Saya peserta Jamsostek sejak Juni 2003. Apakah ada cicilan rumah dari Jamsostek dan apa syaratnya.(0813157734XX)

Jawab : Anda melalui perusahaan bisa mengajukan pinjaman uang muka perumahan ke PT Jamsostek. Biasanya perusahaan sebagai penjamin sudah bekerjasama dengan developer. Namun pengajuan juga bisa dilakukan ke bank mitra Jamsostek seperti BTN dan BNI.

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan