25/02/2011

Banyak Perusahaan Tidak Sertakan Karyawan Jamsostek

Pontianak, Jumat 25 Februari 2011, Pontianak Post -

PONTIANAK, Ketua Komisi D, DPRD kota Pontianak, Mujiono mengungkapkan  di Kota Pontianak dari sekitar 1.195 perusahaan dari kecil hinggá besar baru 750 perusahaan yang menyertakan karyawannya Jamsostek. Begitu juga dengan UMK yang sudah mencapai Rp895ribu, Namun tetap saja ada perusahaan yang belum UMK.

 

Masih banyak perusahaan yang belum ada jamsostek, alasannnya memang karena pendapatan perusahaan tersebut yang belum mencukupi, kata Muji kemarin.

 

Untuk itu, melihat kebenarannya Komisi D akan melakukan beberapa langkah yaitu meminta data perusahaan yang belum ada jamsosteknya dari Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan. Dari data tersebut, kita akan lihat perushaannya, kemudian akan panggil, dan menanyakan perusahaan alasan yang jelas, terannya.

 

Begitu juga dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja serta Dinas BP2T akan dipanggil dan ditanyakan apakah perusahaan tersebut memang pendapatannya rendah. Kita akan uji petik, terkait dengan pendapatan dari perusahaan tersebut. Jika mereka menyampaikan data tidak benar maka kita akan pinta BP2T untuk tidak memperpanjang izin usaha mereka, tegas Muji.

 

Saat ini, lanjut Muji kemiskinan dan pengangguran banyak, hal itu juga dipacu kurangnya bantuan dari swasta. Untuk itu Dewan meminta agar Dinas BP2T tegas. Harusnya para pengusaha yang tidak memberikan jamsostek kepada karyawannya sudah bisa menyiapkan gaji dan Jamsostek. Ketika mereka buat usaha mereka sudah tahu, katanya.

 

Pihak perusahaan juga diminta agar membuat stiker agar masayarakat tahu jika perusahaannya tidak menyediakan jamsostek dan UMK. Jika sudah ada pemberitahuan perusahaan tersebut maka masyarakat akan tahu. Jadi dengan harapan nanti masyarakat bisa tahu. Jika memang perusahaan tersebut seperti itu, terangnya.

 

Wakil Walikota Pontianak, Paryadi mengatakan memang jamsostek harusnya ada disetiap perusahaan. Begitu juga dikalangan PNS, bahkan untuk kontraktor harus ada berikan jamsostek. Jangankan perusahaan, seperti yang kerja dipemerintahan juga diberikan jamsostek. Bahkan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak berikan jamsostek, tegas Paryadi.

((tin))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan