25/01/2011

Beli saham BUMN, Jamsostek siapkan Rp700 miliar

Jakarta, Selasa 25 Januari 2011, Harian Terbit -

Harian Terbit, JAKARTA - Direktur Utama PT Jamsostek (Persro),Hotbonar Sinaga mengatakan, niat untuk membeli sejumlah saham BUMN unggulan yang akan go public tahun ini. Untuk merealisaikan itu, pihaknya menyiapkan investasi sekitar Rp600 miliar hingga Rp700 miliar.

Investasi itu, kata dia, belum termasuk untuk rencana pembelian saham PT Garuda Indonesia yang melantai di bursa tahun ini. Kita tengah mengkaji potensi investasi melalui pembelian saham BUMN yang siap menawarkan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini, jelas Hotbonar, ke-marin.

Namun, Jamsostek siap membeli saham PT Garuda Indonesia dengan porsi saham masih diperhitungkan.

Akan tetapi,katanya, Jamsostek berpeluang memiliki sekitar 7,5 persen saham Garuda Indonesia dengan nilai investasi yang disiapkan hingga Rp900 miliar.

Kami masih berminat dengan IPO perusahaan-perusahaan BUMN. Untuk Garuda bisa sekitar 20-30 persen dari total saham yang dilepas dan tertarik membeli saham BUMN-BUMN dengan fundamental bagus.

Bahkan, Jamsostek berkemungkinan berinvestasi di sejumlah BUMN seperti PT Hutama Karya, PT Semen Baturaja, PT Asuransi Jasindo, dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar sendiri optimis selain empat BUMN itu, sekitar 7 hingga 10 BUMN yang diajukan setengahnya sudah siap. Yang jelas, kata dia, Kementerian BUMN terus membahas setiap BUMN yang siap melakukan IPO dan diajukan ke Komite Tim Privatisasi di Kementerian Koordinator Perekonomian.

Hingga akhir 2010, BUMN yang santer siap melantai di Bursa Efek Indonesia antara lain,PT Pelindo II, PT Perkebunan Nusantara III, PT Waskita Karya, Perum Pegadaian, PT Rekayasa Industri, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Namun, Mustafa belum bisa memastikannya. Jika ada 5 BUMN saja yang go public,katanya, itupun sudah bagus.

((fitri))
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan