23/04/2008

Peningkatan Pelayanan Melalui SIPT Online

, Suara Karya, 22 April 2008 -

 

Secara internal, penerapan SIPT online juga sangat membantu Jamsostek dalam menciptakan tertib administrasi serta basis data (Database) kepesertaan dan keuangan yang lebih baik. Tentunya, dengan penerapan SIPT online ini, upaya peningkatan pelayanan kepada pekerja peserta Jamsostek akan mudah direalisasikan.

 

Untuk mengetahui diterapkannya SIPT online di PT Jamsostek dan apa-apa saja menfaatnya bagi peserta, berikut petikan wawancara dengan Direktur Perencanaan, Pengembangan, Dan Informasi PT Jamsostek (Persero) HD Suyono.

 

Tampaknya SIPT online sudah bisa diterapkan ?

Alhamdulillah, kita adapat menyelesaikan migrasi data dan inplementasi SIPT Online secara nasional pada 21 Maret 2008. aplikasi SIPT online saat ini sudah mencakup kegiatan operasional, pelayanan dan akuntansi keuangan.

Namun demikian, aplikasi SIPT Online memang belum sempurna. Tapi sejalan dengan kegiatan operasional  dari aplikasi SIPT Online tersebut, maka terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan.

 

Seperti diinformasikan, proses penerapan SIPT Online ini memerlukan waktu kurang lebih dua tahun, apa yang menjadi kendalanya?

Sistem yang dipakai selama ini berbasis desentralisasi. Tentunya sistem tersebut memiliki kelemahan-kelemahan, antara lain database (basis data) dan aplikasi ditempatkan pada kantor cabang/ unit kerja. Dalam hal ini, keamanan dan pemeliharaan aplikasi dan database tergantung pada kemampuan dan dedikasi petugas dikantor cabang. Selain itu juga, dimungkinkan juga terjadinya duplikasi data.

Selain itu, sistem desentralisasi juga menyulitkan pengawasan terhadap perubahan aplikasi dan database. Terkait hal itu, integrasi data antara kantor pusat dan kantor cabang mengalami kendala, selain pemeliharaan aplikasi yang memerlukan biaya tinggi. Belum lagi masalah sinkronisasi antara aplikasi operasional dengan aplikasi akuntansi keuangan.

Yang membuat aplikasi SIPT Online ini terhambat salah satunya adalah permintaan perubahan-perubahan setelah rancang bangun aplikasi selesai dibuat. Dengan demikian, dilakukan perubahan desain aplikasi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dilapangan yang memakan waktu yang cukup lama.

 

Selanjutnya prosesnya bagaimana ?

Pada saat awal, memang diakui banyak kendala-kendala pada operasional dan pelayanan serta akuntansi keuangan. Namun, setelah dilakukan perbaikan-perbaikan modul aplikasi, selanjutnya SIPT Online diimplementasikan di kantor cabang berikutnya.

Dalam pengembangannya, muncul masalah-masalah lain. Hal-hal tersebut terus ditindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan aplikasi agar tidak mengganggu pelayanan kepada peserta. Setelah itu, ya sekarang, semua kantor cabang sudah terjangkau SIPT Online.

 

Sejauh ini, kesiapan karyawan PT Jamsostek untuk mengoperasikan SIPT Online seperti apa ?

Pada prinsipnya, sumber daya manusia di lingkungan PT Jamsostek cukup siap dalam pelaksanaan SIPT Online, karena sudah dilakukan sosialisasi, workshop, dan pelatihan serta pendampingan operasional pada saat awal. Tapi memang sesuatu yang baru memang perlu waktu untuk penyesuaian.

 

Selama ini apakah ada suatu mekanisme maupun solusi setiap masalah yang timbul dalam pengoperasian SIPT Online?

Bila terjadi pada masalah database, kami mempunyai back-up server, sehingga dapat dialihkan. Dan bila terjadi gangguan pada aplikasi, maka akan lebih mudah dalam perbaikan, karena hanya akan dilakukan pada server aplikasi saja. Sedangkan pada saat offline, perbaikan atau instalasi harus dilakukan diseluruh kantor operasional.

 

Bisa digambarkan manfaat apa saja yang diterima peserta dan PT Jamsostek sendiri dalam penerapan SIPT Online ?

Penerapan SIPT Online bermanfaat, baik bagi pekerja peserta maupun PT Jamsostek. Pekerja peserta jamsostek mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi dan proses pengajuan klaim dapat dilakukan di kantor cabang mana saja. Selain itu, mudah melakukan pemantauan terhadap perusahaan dalam memenuhi kewajibannya ke Jamsostek. Terutama pelaporan administrasi dan pembayaran iuran setiap bulannya.

Sedangkan manfaat terhadap kinerja PT Jamsostek, yakni terciptanya tertib sistem administrasi dan database kepesertaan dan keuangan yang lebih baik, terintegrasi up to date (terkini). Selain itu juga meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta program Jamsostek dan pemangkuan kepentingan lainnya.

 

Lainnya ?

SIPT Online juga bermanfaat untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan penetapan kebijakan manajemen perusahaan dan Stakeholder (pemangku kepentingan). Tentunya SIPT Online juga dapat meningkatkan daya saing yang kompetetif dalam pengembangan bisnis PT Jamsostek. Selain itu juga mengurangi biaya dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Tak kalah pentingnya, SIPT Online juga bisa meminimalisasi indikasi adanya penyelewengan atau penyalahgunaan dari segi iuran dan klaim, namun hal tersebut tergantung dari integritas dari SDM yang melaksanakannya. Sebelumnya ini bisa terjadi akibat adanya kelemahan sistem keamanan pada sistem berbasis desentralisasi. Dan dengan SIPT Online ini, PT Jamsostek juga bisa cepat mengantisipasi adanya pengembangan program-program baru, terkait perlindungan kepada pekerja peserta.

(Humas)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan