25/05/2010

Semanggi51 Saring Ratusan Ribu Pelamar Jamsostek Secara Online

Medan, (Analisa) - Guna menghindari rekrutmen calon pegawai yang diduga sarat korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) PT Jamsostek (Persero) bekerjasama dengan Semanggi51 menggelar seleksi karyawan secara online.

Pimpinan Semanggi51 Nova Wahyu Sutikno saat ditemui di lokasi test Wilayah Medan di Hotel Dharma Deli, Medan Rabu (20/05) mengatakan pihaknya mengapresiasi PT Jamsostek (Persero) sebagai perusahaan besar dan BUMN pertama yang sangat terbuka dan transparan dalam rekrutmen pegawai melalui pendaftaran dan test online.

"Saya kira rekrutmen pegawai secara online ini merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) yang mengusung transparansi dan akuntabilitas," terang pria kelahiran Banjarnegara itu.

Dikatakannya, sejak 1-7 Mei 2010 lalu, Ratusan ribu user name telah ter-create berjubel antre di website www.semanggi51.com dan lebih dari 40.000 telah mengikuti test online. Dari jumlah itu, terjaring sekitar 2000 an pelamar yang berhak mengikuti confirmatory test.

"Dalam sistem online, sama sekali tidak ada subjektivitas dalam pengetesan, dan kita tidak memandang pelamar, siapapun dia, sebab mesin menyeleksi secara otomatis. Jadi, anak siapapun dia, tidak bisa titip menitip," beber pria berkacamata ini seraya menambahkan, selain dapat mengerjakan soal psikotest, pelamar harus dapat mengoperasikan komputer dan internet dengan baik.

Diungkapkannya, dalam memeroses lamaran yang dilakukan secara manual, akan sangat repot dan butuh biaya yang cukup tinggi. "Coba bayangkan bila dikerjakan manual, bagaimana repotnya menyeleksi 60.000 berkas. Selain biaya tinggi, juga butuh waktu lama, belum lagi jumlah personil yang memadai dan human error," katanya.

Tolak KKN

Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Herry Herland S pada pidato tambahan tanpa teks usai membacakan Pidato Menkominfo dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 102 di lapangan Kanwil I Jalan Kapten Pattimura No 334 Medan, Rabu (20/5) mengatakan pihaknya menolak praktek KKN dalam rekrutmen karyawan jamsostek.

Dia mengatakan agar proses rekrutmen tidak diintervensi oleh pihak manapun, termasuk para pejabat maupun karyawan PT Jamsostek(Persero) mulai dari level tertinggi hingga terendah, baik sedang aktif maupun sudah pensiun. (mc)

hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan