29/03/2010

Jamsostek Bantu Uang Muka Rumah

, Berita Kota -

 

JAKARTA, BK

PT Jamsostek wilayah DKI siap menguncurkan dana Rp.23,5 miliar untuk pinjaman uang muka rumah bagi pekerja yang anggota Jamsostek. Setiap anggota Jamsostek yang memenuhi syarat bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp.20 juta untuk membayar uang muka atau down payment (DP) rumah dengan bunga enam persen per tahun dan jangka waktu maksimal 10 tahun.

 

Menurut Kepala Kanwil Jamsostek DKI Herdy Trisanto pinjaman DP rumah itu diwujudkan atas kerja sama Jamsostek dengan sejumlah Bank. "Setelah semua syarat dipenuhi, maka pinjaman akan diberikan,"kata Herdy di Menara Jamsostek, Jaln Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pekan lalu.

 

Lima bank yang bekerja sama dengan Jamsostek dalam melaksanakan program ini adalah Bank BTN, Bank BNI, Bank DKI, B ank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah. Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan program itu di antaranya adalah minimal sudah setahun menjadi peserta Jamsostek, penghasilan tidak lebih Rp.5 juta per bulan, dan belum punya rumah.

 

Herdy menjelaskan target tahun 2010, dana Rp.23,5 miliar itu tersalurkan seluruhnya. Diharapkan, 1.175 peserta Jamsostek bisa mengikuti program ini. Namun, jika peminatnya membeludak, maka bisa diberikan tambahan dana dari kantor pusat. "Progarm DP rumah deberikan kepada peserta Jamsostek tanpa menimbulkan iuran tambahan,"katanya.

 

Disamping memberikan bantuan DP itu, kata Herdy, PT Jamsostek juga memberikan bantuan biaya admistrasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dalam bentuk hibah sebesar Rp.500.000 untuk setiap pengajuan pinjaman DP rumah yang disetujui.

 

Program bernama Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) bersifat pinjaman dan hibah dengan sasaran peserta Jamsostek diantaranya dengan menyediakan fasilitas kesehatan untuk menunjang pelayanan kepada peserta Jamsostek. Di samping itu diberikan pinjaman kepada pekerja yang membentuk kopersai sebesar maksimal 30 persen dari aset yang dihitung tidak termasuk tanah dan gedung.

 

Pinjaman kepada koperasi itu diberikan kepada sejumlah pekerja dari perusahaan sama atau beberapa pekerja dari sejumlah perusahaan yang membentuk koperasi. Dana yang disiapkan untuk program kucuran dana kepada koperasi ini mencapai Rp.1,2 miliar.

 

Jamsostek juga melaksanakan program kemitraan dan bina lingkungan usaha kecil dan mikro untuk mengerakkan menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

(gm)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan